5 LANGKAH DALAM MANAJEMEN TRANSPORTASI DAN LOGISTIK

Lakukanlah Evaluasi Rutin

Kegiatan evaluasi merupakan hal yang sangat penting di setiap penyelesaian proyek atau pada event-event kegiatan. Dengan melakukan evaluasi, kita akan lebih mengetahui dan memahami bagian mana yang memiliki kendala atau masalah. Hal tersebut juga berguna untuk meminimalisir masalah serta menyelesaikan persoalan dengan cepat hingga tidak berlarut. Dalam sebuah kegiatan manajemen logiostik serta transportasi, evaluasi perlu dilakukan di berbagai titik. Contohnya adalah pada kinerja pekerja dan kurir, perawatan kendaraan, rute pengiriman, serta efektivitas dalam pekerjaan yang telah dilakukan sejauh ini.

Berikan layanan terbaik dan nilai tambah

Penyedia jasa atau layanan yang bergerak di dunia logistic sudah banyak sekali. Dengan pesaing yang begitu banyak, kita tentu harus bisa bersaing secara sehat. Persaingan ini dapat kita lakukan dengan berlomba-lomba dalam hal memberikan pelayanan yang terbaik ke konsumen. Anda bisa menambahkan layanan anda yang bisa menjadi daya tarik usaha anda sendiri pada konsumen serta pelanggan anda. Contoh penambahan nilai yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan pelayanan berupa pengiriman yang cepat serta murah. 

Lakukan Kordinasi Dengan Back Officier Serta Kurir

Salah satu tugas dari manajemen atau pengelolaan transportasi logistic selanjutnya adalah membangun koordinasi yang baik antara back office serta kurir yang ada dengan arus pengiriman barang. Dengan adanya koordinasi yang baik, hal ini akan memudahkan proses penyampaian informasi sehingga akan lebih efektif. Komunikasi yang baik perlu dilakukan karena fungsi dari back office sendiri adalah memberikan jadwal serta rute mana yang harus dikirim terlebih dahulu. Sedangkan pada kurir, tugasnya dalam sebuah komunikasi dengan back office adalah megenai arahan rute yang akan dilakukan.

Gunakan Teknologi Transportasi Otomatis

Saat ini, sudah banyak sekali perusahaan ekspedisi atau logistic yang memanfaatkan dunia teknologi untuk melakukan control terhadap para kurirnya. Hal ini tentu bisa anda lakukan di perusahaan logistic anda. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan dukungan perangkat lunak untuk melakukan cek rute, melacak keberadaan kurir hingga melakukan control.

Lakukan Proses Pengecekan Yang Rutin

Pengecekan rutin terhadap armada yang digunakan untuk kegiatan pengiriman adalah sesuatu yang sangat penting. Hal ini adalah suatu bentuk upaya untuk menjaga kondisi kendaraan yang selalu siap pakai dan tidak ada kerusakan yang serius. Jika pengecekan tidak dilakukan dengan rutin, bisa saja perusahaan mengalami pembengkakan biaya karena adanya pengadaan kendaraan atau armada.

Download Kargopedia di : AppStore PlayStore

Sumber : alklogistik.com