Logo Kargopedia Baru

7 fungsi Manajemen Logistik di Era Logistik Modern

Indonesia memiliki populasi jumlah penduduk yang besar dan ini menjadi surganya pelaku bisnis terutama bisnis logistik modern baik domestik maupun internasional. Tak jarang pelaku bisnis melihat populasi penduduk Indonesia menjadi sebuah peluang terlebih masyarakat Indonesia mempunyai ciri khas sebagai masyarakat yang konsumtif.

Untuk mengimbangi pertumbuhan bisnis logistik modern yang sangat pesat di Indonesia yang dimana setiap tahunnya mengalami peningkatan tinggi,  tentunya dibutuhkan tenaga terampil didalam manajemen logistik modern. Upaya pemerintah untuk melakukan perbaikan infrastruktur, integrasi transportasi, hingga dukungan SDM juga perlu didukung penuh.

Penguasaan sektor hulu serta pemrosesan di pabrik adalah hal penting bagi industri. Namun tentunya perusahaan-perusahaan yang ingin unggul harus menguasai sektor vital. Yaitu manajemen logistik modern yang terpadu seperti pengelolaan bahan baku, rantai pasokan, distribusi, hingga pemasaran.

bisnis logistik

Logistik memiliki peran penting, terutama bagi wilayah Jakarta, Bekasi, Cikarang, Karawang, purwakarta yang mengalami perkembangan industri sangat cepat. Oleh karena itu, Indonesia membtuhkan tenaga-tenaga yang terampil dalam manajemen logistik di era logistik modern.

Di era logistik modern saat ini, manajemen logistik sangat berpengaruh dalam berjalannya rantai pasokan. Manajemen logistik adalah bagian dari manajemen rantai pasokan untuk menyesuaikan permitaan konsumen dengan sejumlah tahapan. Di antaranya adalah perencanaan, pelaksanaan, pengendalian aliran barang secara efektif. Mulai dari transportasi, distribusi, penyimpanan, jasa layanan dan informasi yang lengkap mulai asal dari barang sampai ke tujuan guna memenuhi kebutuhan konsumen.

manfaat manajemen logistik kargopedia

Penerapan manajemen logistik di era logistik modern memiliki 7 fungsi, yaitu :

1.Fungsi Perencana dan penentu Kebutuhan

Melakukan perencanaan dan penentuan dari suatu kegiatan yang disesuaikan dengan anggaran adalah hal penting dalam manajemen logistik modern.

2.Fungsi Penganggaran

Membuat anggaran terkait penentuan kebutuhan barang yang sudah direncanakan.

3.Fungsi Pengadaan

Dalam beberapa kasus, jumlah anggaran tidak sesuai dengan kebutuhan sehingga perlu mencari cara penyelesaiannya. Dalam logistik modern, diperlukan pemikiran kreatif yang memungkinkan kegiatan tetap berlangsung meskipun anggaran yang disediakan tidak sesuai.

4.Fungsi Penympanan dan Penyaluran

Setelah barang telah didapatkan, maka harus disimpan dan disalurkan kembali. Proses penyaluran ini disesuaikan dengan orang-orang yang berkepentingan dengan barang-barang itu.

5.Fungsi Pemeliharaan

Barang yang sudah ada harus dijaga ketat agar tidak mudah rusak. Baik yang sudah dipakai maupun belum. Terutama, jika barang tersebut adalah pinjaman sehingga fungis pemeliharaan dari manajemen logistik modern sangat diperlukan.

6.Fungsi Penghapusan

Saat terjadi kerusakan barang maka kerusakan tersebut harus dapat dihapuskan. Misalnya, memperbaikinya dengan membeli bahan yang sama atau mengganti dengan produk lain.

7.Fungsi Pengendalian

Fungsi pengendalian memiliki peranan penting dalam manajemen logistik modern, dimana seorang manajer harus mampu mengendalikan semua fungsi dengan baik.

Manajemen Logistik kargopedia

Itu dia 7 Fungsi manajemen logistik yang perlu anda ketahui di era modern ini.

Kargopedia, hadir sebagai jasa logistik modern yang siap membantu memenuhi segala kebutuhan anda. Menerapkan manajemen logistik yang bermutu, Kargopedia adalah layanan logistik terbaik yang bisa anda andalkan.

Pelajari selengkapnya tentang Kargopedia disini.

Download aplikasi Kargopedia di Playstore dan AppStore.

jasa kargopedia

Sumber lincgrp.com

Link Penting

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia