Logo Kargopedia Baru

8 Strategi Pemasaran Jasa Ekspedisi Murah secara Online yang Wajib di Coba

Bisnis ekspedisi murah sedang naik daun di tahun ini. Penyebabnya tak lain karena tingginya aktivitas jual-beli produk online di masyarakat. Semenjak melewati masa pandemi tahun lalu, larangan untuk bepergian keluar rumah—termasuk untuk berbelanja—menjadikan masyarakat beralih menggunakan teknologi belanja online.

Sampai hari ini, kebiasaan belanja online masih dilakukan dan semakin disukai orang-orang karena praktis, cepat dan memungkinkan kita memperoleh produk dengan harga yang lebih murah. Bisnis ekspedisi murah pun tidak pernah lepas dari kehadiran toko online.

Sebab, toko-toko online membutuhkan tenaga delivery, kurir, ataupun ekspedisi yang murah  untuk mengirimkan paket-paket pesanan kepada konsumennya. Jadi dapat dipastikan bahwa keuntungan bisnis ekspedisi sama besarnya dengan pertumbuhan omset dari toko-toko online.

Nah, Jika Anda tertarik mengembangkan usaha di bidang jasa layanan ini atau ekspedisi murah, maka Anda wajib mencoba 8 strategi pemasaran jasa delivery atau ekspedisi murah secara online berikut ini. Dijamin mudah, praktis dan mampu mendatangkan omset berlimpah!

8 Strategi Pemasaran Jasa Ekspedisi Murah Online Paling Simpel dan Manjur

kurir dan pembeli kargoepdia

Usaha di bidang jasa pengiriman atau delivery seperti jasa ekspedisi murah sejatinya bukan hal baru. Dari dahulu di Indonesia sudah ada banyak sistem pengantaran  makanan dari restoran atau pengiriman paket via pos. Namun baru belakangan ini permintaan akan jasa ekspedisi murah melonjak tajam dan otomatis mendatangkan omset berlimpah bagi para pengelola bisnis tersebut.

Mendirikan bisnis layanan pesan antar sejatinya mudah. Anda hanya perlu menyediakan jasa kurir, kendaraan, dan menyiapkan sistem pemesanan delivery-nya saja. Satu-satunya kendala yang sering dihadapi oleh pebisnis jasa ekspedisi murah biasanya terletak di strategi pemasaran jasa yang mereka gunakan. Padahal, system pemasaran suatu jasa adalah kunci utama untuk menggaet sebanyak mungkin konsumen potensial.

Pada kenyataannya, mengaplikasikan strategi pemasaran jasa adalah persoalan yang susah-susah gampang. Terlebih lagi kalau Anda tidak paham betul bagaimana konsepnya. Namun Anda tidak perlu cemas, karena Anda bisa mencoba mempraktekkan 8 strategi pemasaran jasa yang simpel sekaligus efektif berikut ini:

1. Memahami Konsep Pemasaran dan Merancang Target

GettyImages 1166429553 600x375 1

Sebelum mulai praktek memasarkan suatu usaha, Anda tentunya harus mengerti apa itu strategi pemasaran serta merancang target dari pemasaran.Pemasaran jasa adalah proses membuat dan menyebarkan informasi terkait sebuah jasa yang bisa memenuhi keinginan, kebutuhan, atau menyelesaikan permasalahan di masyarakat. Dengan kata lain, pemasaran jasa sama dengan proses mengiklankan jasa Anda ke publik.

Salah satu kesalahan yang umum dilakukan pebisnis awam adalah langsung terburu-buru mempromosikan usahanya tanpa membuat rencana strategi pemasaran yang matang. Padahal, rencana strategi pemasaran bisa membantu Anda dalam menjalankan promosi yang lebih terarah, efektif dan mudah diukur progress keberhasilannya.

Dibandingkan dengan mereka yang berpromosi tanpa rencana, memiliki sebuah rencana pemasaran juga akan memudahkan Anda untuk menjadi lebih produktif saat mengelola usaha ekspedisi.

Ketika merancang aneka strategi pemasaran jasa, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal penting seperti:

Target Konsumen Potensial

Kelompok masyarakat mana yang paling cocok untuk ditawarkan jasa Anda? Anda bisa menganalisis kelompok-kelompok di masyarakat berdasarkan profesi, umur, gender, dan demografi masing-masing.

Harga Layanan yang Kompetitif

Apakah harga yang Anda berikan sudah sesuai dengan harga pasar? Kalau Anda belum yakin dengan harga yang diberikan, Anda bisa mengecek layanan milik kompetitor.

Kelebihan dan Nilai Unik dari Jasa

Apa sajakah nilai dan kelebihan unik dari produk Anda yang tidak dimiliki oleh pesaing? Tonjolkanlah keunggulan tersebut ketika berpromosi. Tapi jangan lupa untuk memastikan bahwa apa yang Anda tawarkan mampu memenuhi kebutuhan konsumen, ya!

Strategi Komunikasi ke Konsumen

Terakhir, bagaimana cara terbaik yang Anda pilih untuk mengomunikasikan jasa ke calon konsumen target? Apakah Anda akan menempuh cara online? Jika iya, apakah Anda akan menggunakan platform media sosial, website atau yang lainnya? Semua target dan rencana pemasaran sebaiknya dibuat semendetail mungkin supaya memudahkan Anda ketika merealisasikannya.

2. Menggunakan Website Bisnis 

Membangun Profil Konsumen 768x512 1

Saat ini, lebih dari 90% perusahaan di seluruh dunia sudah mempunyai minimal satu website perusahaan. Bisnis delivery Anda pun tidak boleh ketinggalan! Menggunakan website untuk mempromosikan jasa pesan antar bisa menjadi strategi pemasaran jasa terbaik sekaligus mudah.

Dengan website, Anda bebas mempromosikan usaha jasa ekspedisi Anda setiap hari secara gratis. Website juga bisa memuat banyak informasi lengkap terkait jasa layanan, memesan jasa, spesifikasi harga, jam operasional, alamat kantor dan cabang, aneka diskon promo, hingga menampilkan testimoni. Pun konsumen bisa dengan mudah menemukan serta memesan jasa Anda lewat website.

Beberapa keuntungan lain dari menggencarkan strategi pemasaran jasa via website adalah:

  • Meningkatkan kredibilitas dan branding profesional di mata konsumen.
  • Meningkatkan traffic, visibilitas dan kepopuleran di Google Search sehingga akan ada lebih banyak orang yang mengetahui bisnis Anda.
  • Mudah terhubung dengan konsumen.
  • Membangun kepercayaan konsumen terhadap brand.
  • Lebih mudah dalam mencari dan menjalin kerjasama kemitraan dengan brand lain (affiliate marketing).

Membuat website saat ini sudah bukan hal yang sulit. Anda bisa membangun website kecil-kecilan memakai WordPress atau menghubungi jasa pengembang website murah yang sudah tersedia di mana-mana.

3. Menerapkan SEO (Search Engine Optimization)

SEO atau Search Engine Optimization adalah strategi pemasaran online yang masih berlaku dan banyak digunakan sampai hari ini. SEO bisa diaplikasikan untuk semua jenis niche bisnis, termasuk bisnis delivery atau ekspedisi.

Poin ini sejatinya masih berhubungan dengan poin sebelumnya. Apabila Anda memiliki sebuah website bisnis, maka jalan terbaik untuk mengelolanya adalah dengan menggunakan trik-trik SEO.

Sebab, SEO akan membantu Google dalam menemukan konten website Anda untuk ditampilkan ke hadapan masyarakat ketika mereka menelusuri konten atau kata kunci yang sesuai dengan ranah niche bisnis Anda.

Pun SEO juga bisa membantu website Anda untuk menduduki peringkat teratas dalam hasil penelusuran keyword user dan mendulang lebih banyak traffic.

Saat ini ada banyak sekali bisnis yang gagal berkembang secara online dan kalah saing gara-gara tidak tahu cara mengaplikasikan SEO. Otomatis, website-website bisnis tersebut “jatuh tenggelam” dikalahkan oleh ribuan website lainnya.

Dengan SEO, Anda akan belajar bagaimana caranya membuat konten yang baik, mengoptimalkan keunggulan layanan, membangun branding, serta mengetahui langkah-langkah terbaik menciptakan konversi dari pengunjung website.

4. Aktif di Media Sosial

Social media strategy jpg nLvbqTk4

Trik berikutnya adalah aktif di media sosial. Hari ini, semua orang menggunakan media sosial. Pun ada banyak jenis media sosial yang beredar di masyarakat, seperti Instagram, Facebook, Twitter, WhatsApp, LINE, Skype dan masih banyak lainnya. Setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda di media sosial. Ada yang menggunakan media sosial untuk mencari hiburan, namun ada juga yang menggunakan platform ini untuk mengembangkan usahanya.

Sama seperti website, mengembangkan usaha di media sosial pun gratis dan mudah. Anda hanya perlu membuat akun khusus untuk bisnis di media sosial, kemudian memposting konten bagus untuk menarik perhatian pengguna lainnya. Masyarakat juga sering mencari informasi terkait jasa di media sosial. Jadi, kesempatan jasa ekspedisi Anda untuk berkembang di media sosial cukup besar!

Dibandingkan dengan platform iklan lainnya, media sosial adalah tempat terbaik untuk bisnis baru dalam menciptakan awareness di kalangan masyarakat. Anda pun bisa membangun komunikasi secara bertahap dengan para followers. Lambat laun, para followers bisa berubah menjadi pelanggan tetap jasa ekspedisi Anda. Plus, tidak ada salahnya untuk menggunakan fitur direct message atau chat WhatsApp bisnis sebagai metode praktis pemesanan jasa ekspedisi secara online. Dengan begini, masyarakat akan semakin mudah untuk memesan jasa Anda kapan saja.

5. Memodifikasi Konten-Konten Viral

Bagaimana cara terbaik untuk menarik perhatian audiens terhadap akun Anda di dunia maya? Ya, jawabannya adalah dengan mengikuti trend. Trend di internet bisa berganti dengan sangat cepat, bahkan dalam hitungan jam. Supaya tidak ketinggalan, Anda harus rajin mengupdate informasi demi menghadirkan konten paling terkini.

Selain trend, warganet juga paling gemar membahas konten-konten yang sedang viral. Kalau Anda bingung mau membuat konten promosi apa hari ini, tidak ada salahnya berkreasi memodifikasi konten viral seperti membuat video parodi, memakai lagu-lagu viral sebagai backsound, mengikuti challenge yang viral, dan seterusnya.

6. Membangun Komunikasi dengan E-mail Marketing

E-mail marketing juga tidak boleh dilewatkan dalam mempromosikan bisnis delivery Anda. E-mail marketing masih terbukti menjadi sarana ampuh untuk membangun komunikasi yang lebih dekat dengan konsumen. Selain itu, e-mail marketing terbukti lebih sukses dalam menjaring penjualan baru dibandingkan sosial media.

Beberapa keuntungan dari menjalankan e-mail marketing adalah:

  • Menawarkan jasa yang dipersonalisasi dengan kebutuhan setiap individu calon konsumen, sehingga memperbesar peluang penjualan.
  • Bisa menjangkau semua kalangan dengan gaya bahasa yang disesuaikan untuk masing-masing penerima e-mail, sehingga konsumen merasa dihormati.
  • Mudah untuk menawarkan aneka pamflet maupun gift e-bookuntuk meningkatkan loyalitas konsumen.
  • Cocok untuk membangun komunitas pelanggan (subscribers) dari website.

7. Sediakan Sistem Booking Virtual Online

Jangan lupa menyediakan sistem booking virtual online untuk memudahkan konsumen memesan jasa ekspedisi Anda! Sistem booking online akan mempermudah konsumen yang tertarik pasca melihat iklan Anda untuk mencoba jasa.

Menyediakan sistem booking online bisa dilakukan semudah menyediakan form order di website, memakai fitur chat di media sosial, pemesanan via e-mail, atau mengarahkan contact person khusus ke WhatsApp Bisnis. Pemesanan jasa via online jauh lebih praktis dan hemat biaya dibandingkan pemesanan via telepon atau SMS.

8. Gunakan Aplikasi Order Delivery All-In-One

414202

Tips terakhir dalam memasarkan layanan ekspedisi online adalah dengan menggunakan aplikasi order khusus delivery all-in-one praktis. Saat ini kebanyakan bisnis memang berkembang dalam bentuk aplikasi. Aplikasi dipilih sebagai sarana terbaik untuk mengelola usaha karena praktis, bisa dijalankan di smartphone dan menyediakan fitur fungsional lengkap untuk konsumen.

Sampai saat ini, pilihan masyarakat Indonesia masih sangat terbatas terkait aplikasi delivery terbaik. Kita masih mengenal jasa pengiriman online via aplikasi ojek online saja. Kadang kala, hal ini menyulitkan toko-toko yang ingin berbisnis delivery sekaligus membangun branding. Mendirikan akun toko di e-commerce atau aplikasi ojek online tidak akan mendongkrak branding, sebab konsumen cenderung mengingat nama e-commerce alih-alih nama bisnis Anda.

Beberapa keuntungan yang bisa langsung Anda peroleh dari menggunakan Delivery Multi Toko app adalah:

  • Cocok untuk hampir semua jenis bisnis. Anda juga bebas mengustomisasikan tampilan aplikasi supaya mencerminkan brand Anda, seperti menambah logo bisnis, nama bisnis, dan warna-warna khas image bisnis.
  • Telah disupport oleh beragam metode pembayaran, mulai dari cash on delivery (COD), transfer bank, toserba, kartu kredit, e-wallet, dan token.
  • Dilengkapi dengan beragam unit fitur pengelolaan pesanan jasa antar, seperti maps/GPS, jam pengiriman, informasi kurir, dan data-data konsumen.
  • Ulasan bintang dari konsumen untuk mensupport branding usaha dan mempermudah bisnis meningkatkan kinerja

Sumber : markey.id

 

Download aplikasi Kargopedia di PlayStore atau AppStore sekarang juga !!

Mengenal apa itu truk dan Apa saja jenisnya, DISINI!!

Mengenal apa itu truk dan Apa saja jenisnya, DISINI!!

Sewa Truk

Mengenal Apa Itu Truk     Truk merupakan sebuah jenis armada transportasi yang memiliki bentuk dan ukuran begitu beragam dengan

Read More
Tips Aman Bekendara, Hati-Hati Dijalan, Selamat Sampai Tujuan Guys !!!

Tips Aman Bekendara, Hati-Hati Dijalan, Selamat Sampai Tujuan Guys !!!

Kendaraan, Transportasi

Kecelakaan masih menjadi salah satu bencana yang tak pernah surut di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), hingga tahun

Read More
7 MACAM ALAT BERAT DENGAN TEKNOLOGI MODERN SEBAGAI ALAT BANTU ANGKAT BARANG

7 MACAM ALAT BERAT DENGAN TEKNOLOGI MODERN SEBAGAI ALAT BANTU ANGKAT BARANG

Sewa Alat Berat

Pekerjaan mengangkat dan memindahkan barang bisa jadi merupakan pekerjaan paling tua yang dikerjakan oleh manusia. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini

Read More

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia