Logo Kargopedia Baru

Analisis Ekspedisi Murah Yang Sangat Menguntungkan Bagi Pelanggan Dari Kualitas, Harga dan Pelayanan

Saat ini perkembangan industri jasa Ekspedisi murah mengalami peningkatan yang cukup pesat. Era globalisasi menuntut manusia untuk memiliki mobilitas yang tinggi. Salah satu industri jasa yang juga mengalami dinamika dalam pengembangannya adalah jasa pengiriman atau dengan disebut Ekpedisi murah. Dalam ketatnya persaingan usaha jasa pengiriman barang, para pengusaha dituntut melakukan trobosan-trobosan untuk meraih kepuasan konsumennya, diantaranya yaitu dengan dengan menyediakan peningkatan kualitas pelayanan, menyediakan berbagai fasilitas, dan menetapkan harga yang sesuai untuk meraih kepuasan konsumen. Tujuan dalam penelitian ini yaitu

1) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen,

2) untuk mengetaahui pengaruh fasilitas terhadap kepuasan konsumen,

3) untuk mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan konsumen

gambar 4 2

Pendekatan yang digunakan kuantitatif. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Purporsive sampling, dengan menggunakan 40 responden. Teknik analisis menggunakan regresi linier berganda, dengan mempertimbangkan syarat uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokolerasi. Pengujian hipotesis yang digunakan adalah uji statistik secara parsial (uji t) dan uji simultan Hasil uji secara parsial (uji t) maupun secara simultan menunjukkan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga mempunyai pengaruh signifikan positif terhadap kepuasan konsumen. Berdasarkan simpulan hasil penelitian, disarankan untuk jasa pengiriman barang Ekspedisi murah Hendaknya meningkatkan Kepuasan konsumen lebih menitik beratkan pada kualitas pelayanan, dilihat dari kuesioner

Keberadaan Ekspedisi murah, barang tidak hanya memudahkan masyarakat umum namun juga pelaku bisnis. Para pelaku bisnis, terutama pelaku bisnis online atau e commerce menggunakan jasa pengiriman untuk mengirimkan barang kepada customernya di seluruh Indonesia hingga di luar negeri. Jumlah peminat bisnis belanja online semakin hari semakin meningkat. Hal ini menjadikan ekspedisi murah memiliki hubungan erat dengan para pelaku bisnis. Melihat banyaknya jasa ekspedisi murah yang ada di Indonesia membuat para pelaku bisnis perlu menentukan jasa pengiriman yang tepat untuk digunakan. Melakukan survey terhadap jasa pengiriman atau ekspedisi murah yang akan digunakan penting dilakukan untuk mengetahui kredibilitas jasa pengiriman yang ada. Selain itu, pelayanan yang profesional, kecepatan pengiriman, biaya pengiriman, kemudahan dalam menggunakan jasa, serta asuransi atau jaminan pengiriman yang ditawarkan menjadi faktor yang harus dipertimbangkan dalam menggunakan jasa pengiriman barang.

kargopedia jaya

Dalam menentukan kepuasan konsumen di Ekspedisi murah yang harus dipenuhi antara lain kualitas pelayanan yang baik didalam suatu perusahaan, akan menciptakan kepuasan bagi konsumennya. Setelah konsumen merasa puas dengan jasa yang diterimanya, konsumen akan membandingkan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan dengan perusahaan lainnya. Apabila konsumen merasa benar-benar puas, mereka akan menggunakan kembali serta memberi rekomendasi kepada orang lain tentang perusahaan tersebut. Oleh karena itu, perusahaan harus memulai memikirkan pentingnya pelayanan pelanggan secara lebih matang melalui kualitas pelayanan, karena kini semakin disadari bahwa pelayanan (kepuasan pelanggan) merupakan aspek vital dalam rangka bertahan dalam bisnis dan memenangkan persaingan. Jika jasa yang diterima oleh konsumen sesuai dengan yang diharapkan, maka kualitas pelayanan dipersepsikan baik. Sebaliknya apabila pelayanan yang diterima buruk atau tidak sesuai harapan konsumen maka kualitas pelayanan dipersepsikan buruk atau kurang ideal, sehingga kebutuhan dan keinginan dari konsumen belum bisa terpenuhi dengan baik.

Faktor lain yang harus di penuhi lagi adalah fasilitas. Fasilitas adalah sumber daya fisik yang harus ada sebelum suatu jasa ditawarkan kepada konsumen. Sementara ahli lain menyatakan Fasilitas yaitu segala sesuatu yang bersifat peralatan fisik dan disediakan oleh pihak penjual jasa untuk mendukung kenyamanan konsumen Kotler, Fasilitas merupakan sesuatu yang sangat penting dalam usaha jasa, oleh karena itu harus diperhatikan kelayakannya. Misalnya, kelengkapan desain interior dan eksterior, kebersihan dan lain lain terutama yang berkaitan erat dengan apa yang dirasakan konsumen secara langsung. Pelanggan memang harus dipuaskan, sebab kalau tidak puas akan meninggalkan perusahaan dan menjadi pelanggan pesaing. Hal ini akan menjadikan penurunan penjualan dan pada gilirannya akan menurunkan pendapatan perusahaan.

kurir barang kargopedia

 

Faktor terakhir yang menurut peneliti perlu diperhatikan adalah harga. Harga merupakan salah satu elemen yang dapat menghasilkan pendapatan bagi perusahaan, oleh sebab itu harga dapat dikatakan mendatangkan laba bagi perusahaan. Harga dapat menjadi hal yang kompetetif dalam bersaing, Nilai suatu jasa tidak selalu ditentukan oleh harga, namun manfaatnya bagi pelanggan ketika mengkonsumsi jasa tersebut relatif terhadap biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh jasa tersebut, sehingga merasa puas atau tidak setelah menggunakan jasa pengiriman barang tersebut. Berbagai manfaat yang dimiliki oleh suatu produk jasa harus dibandingkan dengan berbagai biaya yang ditimbulkan dalam menggunakan ekspedisi murah tersebut.

Dari berbagai variabel bebas yang masuk dalam inventarisasi peneliti sebagai variabel yang mempengaruhi kepuasan pelanggan maka berdasarkan observasi sementara peneliti variabel kualitas pelayanan, fasilitas, dan harga merupakan variabel yang kuat dugaan mempengaruhi kepuasan konsumen. Tiga variabel tersebut jika di tindak lanjut akan dapat memenangkan persaingan dengan perusahaan sejenis seperti yang telah di sebutkan diatas.

Hipotesis keempat yang diajukan menyatakan bahwa kualitas pelayanan, fasilitas dan harga secara bersama-sama (simultan) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen, secara simultan hal ini telah terbukti

kargopedia

Hal ini rasional karena sesuai dengan tanggapan responden mengenai kepuasan konsumen. kepuasan pelanggan adalah keadaan emosional yang ditunjukkan pelanggan pasca pembelian berupa rasa senang, kecewa, kepuasan dan ketidakpuasan. Setelah pelanggan membandingkan produk atau jasa merk tertentu, pelanggan telah puas dengan produk atau jasa tersebut dan melampaui harapan pelanggan atau belum sesuai dengan harapan pelanggan. Sesuai dengan pernyataan kuesioner yang diberikan oleh konsumen bahwa kepuasan konsumen dapat diberikan melalui kualitas pelayanan yang baik dan ramah serta tanggap terhadap keluhan konsumen, fasilitas yang nyaman dengan ruangan dan tata cahaya yang sesuai dengan ruangan sedangkan pada variabel harga

Sayangnya, tarif pengiriman cargo yang murah seringnya memberikan kualitas layanan yang kurang baik dibandingkan dengan tarif pengiriman yang lebih mahal. Oleh karena itu, Kami menyarankan Anda untuk memilih jasa pengiriman ekspedisi murah tapi tidak murahan. Maka dari itu kargopedia memberikan layanan yang sangat menguntungkan bagi anda.

Daftar menjadi mitra driver kargopedia disini

Download aplikasi Kargopedia di Playstore

Download aplikasi Kargopedia di AppStore

Link Penting

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia