5 Alasan Mengapa Bisnis Logistik Tidak Pernah Mati

Bisnis Logistik

Bisnis logistik adalah salah satu jenis usaha yang bergerak dengan memberikan jasa pengiriman, pengaturan, pengangkutan serta penyimpanan barang yang dimiliki customer. Kemudian, barang ini dikirimkan ke alamat yang mereka inginkan. Usaha logistik ini cukup diminati di berbagai penjuru dunia karena jumlahnya selalu bertambah dari tahun ke tahun baik itu sebagai mitra atau pemilik usaha logistik baru.

Hal yang sama juga berlaku di Indonesia dimana Anda bisa menemukan banyak usaha logistik. Salah satu bisnis berbasis logistik milik anak bangsa adalah Kargopedia. Oleh karena itu, pastikan Anda memakai jasa pengiriman logistik milik negeri ini sebagai bentuk dukungan akan cinta tanah air.

Namun, usaha logistik ini mengalami goncangan yang disebabkan oleh pandemi virus Corona. Hal ini menyebabkan order pengiriman barang menjadi sepi karena berbagai usaha dan toko yang biasanya melakukan transaksi online harus gulung tikar. Karena tidak mampu bertahan selama masa pandemi.

Walaupun demikian, bisnis logistik justru tetap hidup pada masa pandemi tersebut. Karena, masih banyak pihak yang membutuhkan jasa pengiriman barang tersebut. Baik itu untuk kepentingan usaha ataupun pribadi.

Beberapa Alasan Bisnis Logistik Dapat Bertahan di Masa Pandemi

Salah satu lini bisnis yang bertahan di masa pandemi adalah logistik. Tentu hal ini tidak terjadi secara kebetulan. Pastinya terdapat berbagai alasan mengapa lini bisnis ini dapat bertahan walaupun pada masa-masa sulit seperti saat ini. Adapun beberapa alasan mengapa bisnis logistik dapat bertahan di tengah pandemi adalah:

1. Pasti Dibutuhkan

bisnis logistik

Alasan pertama mengapa bisnis logistik selalu bertahan karena memang jasanya selalu dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia. Karena, banyak warga Indonesia yang tetap melakukan pengiriman barang baik itu untuk usaha, bahan pokok, dan lainnya. Jadi, walaupun permintaan pengiriman barang sepi akan tetapi bisnis ini tetap hidup dan mampu bertahan sampai pada masa new normal yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia.

Walaupun demikian, jumlah pengiriman yang terjadi pada masa pandemi jauh dibawah ketika sebelum pandemi. Karenanya, pendapatan jasa logistik mengalami penurunan yang signifikan. Namun, lini bisnis ini akan terus hidup karena perannya sangat vital bagi masyarakat Indonesia.

2. Banyak Bisnis yang Bertahan

Bisnis survive

Alasan lainnya adalah masih banyak bisnis UMKM serta bisnis berbasiskan online yang masih beroperasi dan bertahan pada masa pandemi. Beberapa bisnis online seperti ecommerce (Lazada, shopee dan lainnya) dan yang mendukung pendidikan seperti zoom, ruangguru serta hiburan mengalami perkembangan yang pesat. Bahkan bisnis online kecil-kecilan dari media sosial serta yang bermitra dengan ecommerce juga ikut merasakan rezeki pada masa pandemi.

Setiap permintaan dari customer seperti belanja online tetap membutuhkan peran logistik sebagai penghubung diantara mereka. Oleh karena itu, jika ada bisnis yang bertahan maka usaha logistik juga akan kecipratan rezeki yang sama walaupun intensitasnya tidak sebanyak seperti pada saat sebelum pandemi.

3. Order Online Meningkat

Order up

Alasan yang ketiga berkaitan dengan yang sebelumnya. Dimana, beberapa bisnis online mengalami peningkatan permintaan selama masa pandemi. Khususnya produk makanan instan, frozen food, berbagai mainan dan hobi seperti sepeda dan lainnya. Banyak customer membeli barang-barang tersebut secara online. Akibatnya, permintaan order akan usaha logistik ikut bertambah. Jadi, logistik tetap hidup bersamaan dengan banyaknya permintaan customer ketika melakukan belanja online.

4. Inovasi

Inovasi

Bisnis logistik juga harus melakukan inovasi terutama pada masa pandemi. Bagi beberapa usaha logistik mungkin bingung bagaimana melakukan inovasi yang baik. Namun, Kargopedia melakukan inovasi sedari dini dimana layanan yang disediakan tidak hanya logistik, tapi juga transportasi, ecommerce dan pembayaran yang semuanya bisa diakses pada satu aplikasi.

Walaupun demikian, beberapa usaha logistik melakukan inovasi dengan melakukan sistem jemput. Jadi, customer cukup melakukan permintaan pengiriman secara online, kemudian pegawai logistik akan datang menjemput barang tersebut. Tentu masih banyak lagi inovasi yang dilakukan seperti bekerjasama dengan ecommerce dalam bentuk diskon pengiriman, layanan yang lebih baik, pengiriman lebih cepat dan lainnya.

Namun, satu hal yang pasti usaha logistik pasti melakukan inovasi agar dapat terus bertahan terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

5. Semakin Mudah

Mudah

Alasan bisnis logistik tetap bertahan selama masa pandemi virus Corona dikarenakan semakin mudah untuk digunakan. Mengapa? Karena para pemilik bisnis ini menyadari bahwa jasanya tetap dibutuhkan oleh masyarakat sampai kapanpun. Namun, bagaimana caranya untuk meningkatkan jumlah pengiriman bahkan pada masa-masa sulit seperti saat ini.

Jawabannya adalah teknologi. Karena dengan bantuan teknologi baik itu penggunaan internet ataupun aplikasi, maka customer dapat menggunakan layanan ini dengan lebih mudah dan cepat. Jadi, semua kebutuhan pengiriman bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun. Mungkin nanti pelayanan logistik hanya cukup mengantarkan barang saja ke loket atau mitra pengiriman sedangkan informasi seperti nama, alamat pengirim dan data-data lainnya telah diisi sebelumnya dan telah dikonfirmasi oleh sistem.

Nah, itulah beberapa alasan mengapa bisnis logistik tetap dapat bertahan selama masa pandemi. Tentu masih terdapat segudang alasan lainnya yang mendukung hal tersebut. Namun, beberapa argumen di atas dapat menjadi pertimbangan bagi Anda bahwa lini usaha logistik sangatlah menjanjikan baik untuk saat ini dan di masa depan.

Telah Hadir di Play Store dan App Store Untuk Indonesia

PT. SUKSES TRANS TEKNOLOGI BANGSA

Jl. Bekasi B. 97 – BTN Taman Indah – Mataram NTB – INDONESIA

0821 4211 4211 // 08132 0000 968 // 08765 007 444

   Mitra kantor Perwakilan Terbaru : Bayu Perkasa - Malang - Jawa Timur // Rio Delta Alfian - Samarinda // Slamet Budiono - Glenmore - Banyuwangi - Jawa Timur // Yahminto Kab. Grobokan - Kec. Tawang Harjo, // Gung Trie - Kabupaten Badung // I Nengah Budiarta : Kabupaten Gianyar // Andri Saputra : Jakarta Selatan // Yudsitira Rashid : Tangerang Selatan // Hani Ayu Wira : Jakarta Selatan // H. Suprapto : Banyuwangi // Ponidi - Semarang // Ivan Suhendro - Malang // Paramita Dwi - Denpasar // Yana Ahadian - Tasikmalaya - Jawa Barat //

2020 © Kargopedia. All rights reserved | Kebijakan Privasi