Logo Kargopedia Baru

6 Contoh kendaraan niaga

  1. Truk

Truk atau lorry adalah sebuah kendaraan beroda empat atau lebih untuk mengangkut barang, disebut juga sebagai mobil barang. Dalam bentuk yang kecil mobil barang disebut sebagai pikap, lalu untuk bentuk lebih besar dengan 3 sumbu, 1 di depan, dan tandem di belakang disebut sebagai truk tronton, dan untuk yang digunakan untuk angkutan peti kemas dalam bentuk tempelan disebut sebagai truk trailer. Juga ada jenis truk tangki yang berguna untuk mengangkut cairan seperti BBM dan lainnya.

Daya angkut truk tergantung kepada beberapa variabel, diantaranya jumlah ban, jumlah sumbu/ konfigurasi sumbu, muatan sumbu, kekuatan ban, daya dukung jalan. Pada daftar berikut ditunjukkan hubungan antara daya angkut dengan konfigurasi sumbu truk.

Jenis-jenis truk adalah truk boks, truk semi trailer dan Van.

 

2.Bus

Busotobus, atau omnibus, (disebut juga multibus atau motorbus; ejaan tidak baku bis; sering juga dilafalkan sebagai /bas/ atau /bəs/) adalah kendaraan darat yang dirancang untuk mengangkut banyak penumpang. Bus dapat memiliki kapasitas hingga 300 penumpang. Jenis bus yang paling umum adalah bus tunggal satu lantai; bila muatan yang diangkut lebih besar uumnya dilayani bus bertingkat dan gandeng, dan muatan yang lebih kecil dibawa oleh midibus dan minibus; bus besar digunakan untuk layanan jarak jauh. Banyak jenis bus, seperti bus transit perkotaan dan bus antarkota, menarik tarif. Jenis lain, seperti bus sekolah atau bus kampus tidak selalu menarik tarif. Di banyak yurisdiksi, sopir bus memerlukan SIM atau izin khusus di atas SIM reguler.

Bus dapat digunakan untuk perkotaan terjadwal, perjalanan jauh terjadwal, sekolah, sewa, atau pariwisata; bus promosi dapat digunakan untuk kampanye politik dan yang lainnya dioperasikan secara pribadi untuk berbagai tujuan, termasuk kendaraan wisata grup musik rock dan pop.

Bus yang ditarik kuda digunakan dari tahun 1820-an, diikuti oleh bus uap pada tahun 1830-an, dan bus listrik pertama pada tahun 1882. Bus motor baar pembakaran dalam pertama, atau bus motor, digunakan pada tahun 1895 Baru-baru ini, dikembangkan bus listrik hibrida, bus sel bahan bakar, dan bus listrik, serta yang didukung oleh gas alam terkompresi atau biodiesel. Pada 2010-an, pembuatan bus semakin mengglobal, dengan desain yang sama muncul di seluruh dunia.

buss 3

3. Kereta gandeng

Kereta gandeng adalah gerbong yang dipergunakan untuk mengangkut barang yang seluruh bebannya ditumpu oleh alat itu sendiri dan dirancang untuk ditarik oleh kendaraan bermotor.

Biasanya digunakan untuk mengangkut barang ringan dengan volume besar dengan 2 atau 3 as roda, atau digunakan juga untuk menarik: generator pembangkit listrik, caravan, jet-sky di atas kereta gandengan dengan 1 atau 2 as roda.

Persyartab Kereta Gandeng Untuk meningkatkan keamanan maka konstruksi telah memiliki sertifikat rancang bangun yang antara lain memenuhi perlengkapan:

  • konstruksi yang mampu mengangkat beban sebagaimana diperuntukkan,
  • sistem pengereman,
  • perangkat lampu
    • lampu sein
    • lampu rem
    • lampu tanda nomor kendaraan
  • panjang total dengan kendaraan penarik tidak lebih dari 18000 mm

4. Alat berat

Alat berat adalah mesin berukuran besar yang didesain untuk melaksanakan fungsi konstruksi seperti pengerjaan tanah (earthworking) dan memindahkan bahan bangunan. Alat berat umumnya terdiri atas lima komponen, yaitu implemen, alat traksi, struktur, sumber tenaga dan transmisinya (power train), serta sistem kendali. Pemanfaatan alat berat telah dilakukan sejak zaman Romawi. Vitruvius dalam bukunya De architectura tercatat menggunakan derek sederhana.

Definisi alat berat tidak hanya pada pekerjaan konstruksi. Dalam pertanian, truk pengangkut, traktor dan sebagainya juga disebut sebagat alat berat

Dalam bidang teknik sipil alat-alat berat digunakan untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan pembangunan suatu struktur bangunan atau pengilahan tanah. Saat ini alat berat merupakan faktor penting di dalam proyek, terutama proyek-proyek konstruksi dengan skala yang besar .

5. Karavan dengan berat lebih dari 10.000 Pon

Karavan bisa berarti:

  1. nama alternatif untuk kafilah, iring-iringan sekelompok orang, terutama di padang pasir.
  2. sebuah bentuk kendaraanyang mengandung sejenis tempat tinggal. Rumah beroda. Sebuah karavan bisa merupakan bagian daripada sebuah mobil, atau sebuah kendaran lepas, di atas roda yang ditarik oleh mobil.
Eiffelland campingvogn

6. Taksi

Taksi adalah sebuah transportasi non-pribadi yang umumnya adalah sedan serta dapat merujuk kepada angkutan umum lain selain mobil yang mengangkut penumpang dalam kapasitas kecil, misalnya “taksi air”, yang sebenarnya mungkin hanya berupa sampan.

Taksi air dapat berupa sampan yang didayung ataupun yang dilengkapi dengan mesin (outboard) yang dapat disewa untuk satu perjalan atau waktu tertentu. Taksi air banyak ditemukan di kota-kota yang dilewati sungai besar seperti di Palembang, Banjarmasin, Samarinda ataupun di pinggir danau seperti Parapat, Tarutung.

istockphoto 519870714 612x612 1

Link Penting

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia