Logo Kargopedia Baru

Fungsi Penting Transportasi dalam Logistik

Aktivitas transportasi mengacu pada pergerakan atau perpindahan produk dari satu lokasi ke lokasi lain atau dari suatu tempat ke tempat yang lain dalam rantai pasokan. Kebutuhan akan pentingnya transportasi telah berkembang dengan meningkatnya globalisasi dalam rantai pasokan serta pertumbuhan e-commerce. Perkembangan teknologi yang sangat pesat setiap tahunnya, memicu banyaknya trasnportasi online dan sebagainya.

Transportasi merupakan aktivitas yang paling mudah dilihat sebagai kegiatan utama logistik.  Pelanggan akan dengan mudah melihat pergerakan barang dari suatu lokasi ke lokasi lain baik menggunakan truck, kereta api, kapal laut, atau pesawat udara.

Dalam konteks manajemen rantai pasok, fungsi penting transportasi memberikan solusi layanan logistik: pergerakan produk (product movement) dan penyimpanan barang (product storage).

Fungsi Transportasi dalam Pergerakan Produk

Transportasi memainkan peran melakukan pergerakan barang-barang, baik barang-barang dalam bentuk bahan baku, komponen, barang dalam proses, maupun barang-barang jadi.  Nilai ekonomis transportasi dalam menjalankan peran ini adalah melakukan pergerakan sediaan barang dari lokasi asal ke lokasi tujuan tertentu dalam sistem manajemen rantai pasokan perusahaan.  Kinerja transportasi akan menentukan kinerja pengadaan (procurement), produksi (manufacturing), dan customer relationship management.  Tanpa kinerja transportasi yang andal, dapat dipastikan bahwa hampir semua aktivitas-aktivitas utama rantai pasok tersebut tidak akan berjalan secara efektif dan efisien.

Aktivitas transportasi akan mengkonsumsi sumber daya keuangan, waktu, dan sumber daya lingkungan.  Selain itu, dalam konteks manajemen berbasis aktivitas (value-based management), aktivitas transportasi termasuk aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah.  Mengapa?  Aktivitas transportasi berakibat pada peningkatan sediaan barang dalam transit (in-transit inventory). Sistem logistik yang efektif dan efisien harus dapat mengurangi in-transit inventory ini seminimal mungkin.  Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi akan dapat dilakukan perbaikan secara signifikan dalam akses in-transit inventory dan status kedatangan kiriman barang secara akurat baik lokasi maupun waktu pengirimannya (delivery time).

Aktivitas transportasi juga akan mengkonsumsi sumber daya keuangan.  Biaya transportasi terjadi karena penggunaan tenaga sopir (driver labor), konsumsi bahan bakar minyak (fuel), pemeliharaan kendaraan, modal yang diinvestasikan dalam kendaraan dan peralatan, dan kegiatan administrasi.  Selain konsumsi sumber daya keuangan, risiko kehilangan dan kerusakan produk selama aktivitas transportasi juga dapat menimbulkan biaya atau kerugian yang signifikan.

Dampak transportasi terhadap lingkungan dapat secara langsung maupun tidak langsung.  Transportasi mengkonsumsi fuel dan oli yang cukup besar.  Meskipun perkembangan teknologi mesin-mesin kendaraan memungkinkan efisiensi konsumsi fuel dan oli, namun secara total konsumsi fuel dan oli masih besar seiring dengan peningkatan jumlah kendaraan yang digunakan untuk mendukung aktivitas transprotasi.  Secara tidak langsung, pengaruh transportasi terhadap lingkungan mengakibatkan kemacetan, polusi udara, polusi suara, dan tingkat kecelakaan.

Selain fungsi transportasi dalam pergerakan produk, aspek lain yang jarang dilihat dari fungsi transportasi adalah penyimpanan produk.   Transportasi berperan dalam penyimpanan produk, terutama penyimpanan sementara dari lokasi asal pengiriman ke lokasi tujuan.  Fungsi penyimpanan sementara ini lebih ekonomis dilakukan dalam kegiatan transportasi, terutama untuk pemenuhan sedian barang-barang yang terjawal dengan waktu pengiriman dalam beberapa hari.  Biaya-biaya yang mungkin terjadi seperti biaya muat barang (loading), pergudangan, dan bongkar barang (unloading) dari penyimpanan sementara produk mungkin lebih besar bila dibandingkan dengan biaya penggunaan kendaraan yang difungsikan untuk penyimpanan sementara.

 

SEBELUMNYA…

Mengenal apa itu truk dan Apa saja jenisnya, DISINI!!

Mengenal apa itu truk dan Apa saja jenisnya, DISINI!!

Sewa Truk

Mengenal Apa Itu Truk     Truk merupakan sebuah jenis armada transportasi yang memiliki bentuk dan ukuran begitu beragam dengan

Read More
Tips Aman Bekendara, Hati-Hati Dijalan, Selamat Sampai Tujuan Guys !!!

Tips Aman Bekendara, Hati-Hati Dijalan, Selamat Sampai Tujuan Guys !!!

Kendaraan, Transportasi

Kecelakaan masih menjadi salah satu bencana yang tak pernah surut di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), hingga tahun

Read More
7 MACAM ALAT BERAT DENGAN TEKNOLOGI MODERN SEBAGAI ALAT BANTU ANGKAT BARANG

7 MACAM ALAT BERAT DENGAN TEKNOLOGI MODERN SEBAGAI ALAT BANTU ANGKAT BARANG

Sewa Alat Berat

Pekerjaan mengangkat dan memindahkan barang bisa jadi merupakan pekerjaan paling tua yang dikerjakan oleh manusia. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini

Read More

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia