Logo Kargopedia Baru

INGIN KIRIM FURNITURE DAN MEBEL DENGAN EKSPEDISI MURAH? BERIKUT TIPS CARA PACKING YANG AMAN

Belanja online saat ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat karena lebih praktis. Hal tersebut memicu munculnya usaha-usaha baru. Tak terkecuali perusahaan ekspedisi murah yang siap mengantarkan berbagai barang pesanan anda. Mulai dari dokumen hingga furniture dan mebel. Terutama di kota-kota besar, contohnya untuk kebutuhan jasa Ekspedisi murah dari Jakarta ke Surabaya atau sebaliknya.

Mengirim barang furniture tidak hanya dilakukan oleh orang yang melakukan transaksi jual beli online saja, namun bisa jadi seseorang yang ingin memindahkan barangnya ke suatu tempat seperti pindahan. Namun untuk barang furniture tentunya sedikit susah untuk proses packingnya, dengan ukurannya yang cenderung besar dan berat serta memakan banyak ruang.

Macam-macam barang furniture dan mebel tersebut antara lain seperti kasur, meja, lemari, piano dan masih banyak lagi.  Pada beberapa kondisi, perusahaan penyedia jasa ekspedisi murah hanya melayani pengiriman sampai ditepi rumah saja untuk barang furniture. Hal tersebut karena kondisinya yang tidak memungkinkan untuk dibawa kedalam rumah.

Untuk itulah anda perlu mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk packing barang furniture agar lebih memudahkannya. Ada beberapa cara untuk mengemas barang terebut agar mudah dipindahkan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut !

Cara packing barang furniture

 Sekarang ini banyak perusahaan ekspedisi murah yang menawarkan jasa kirim barang tentunya dengan tarif yang sangat terjangkau. Sayangnya, dalam prakteknya masih ditemukan perusahaan yang jarang memperhatikan proses packing barang agar tetap aman.

Perlu diketahui bahwa ada cara khusus untuk mengemas barang agar tetap aman hingga ke tangan konsumen, terutama bagi anda yang ingin mengirimkan furniture atau mebel. Diantaranya :

1.Membuat desain kemasan

packaging kargopedia

Langkah pertama yang perlu anda lakukan sebelum melakukan pengemasan adalah membuat desain untuk kemasan. Untuk pembuatannya bisa disesuaikan dengan beberapa hal seperti bahan furniture, jenis finishing, ukuran barang yang akan dikirim, lokasi penerima barang dan juga harga produk.

Hal tersebut sangat penting mengingat model pengemasan sangat berpengaruh pada tingkat keamanan barang. Desain yang baik adalah desain yang tidak menyisakan ruang kosong sehingga dapat meminimalisir adanya pergerakan barang saat dibawa oleh armada penyedia jasa ekspedisi murah dalam perjalanan ke tempat tujuan.

2.Memilih bahan untuk kemasan

packing furniture kargopedia

Anda selanjutnya bisa menentukan bahan untuk membungkus barang setelah membuat desain kemasan. Biasanya perusahaan penyedia jasa ekspedisi murah pilihan anda akan menggunakan beberapa bahan untuk packing. Seperti karton, kardus, plastik dan juga kayu. Dalam hal ini, anda ataupun pihak jasa ekspedisi harus sebisa mungkin memilih material yang sesuai dengan barang yang akan dikirim untuk meminimalisir kerusakan.

Bahan kardus biasanya digunakan untuk menjaga barang agar tetap aman saat bertumpukan atau bersentuhan dengan barang lain. Dan untuk plastik, biasanya dipakai untuk melindungi furniture dari rembesan air jika hujan dan semacamnya.

Sedangkan bahan kayu adalah bahan paling kokoh dan cocok untuk pelapis luar kemasan. Jadi, anda ataupun pihak penyedia jasa ekspedisi murah bisa mengkombinasikan antara tiga bahan tersebut untuk melindungi furniture dengan maksimal sebelum proses pengiriman.

3.Pisahkan bagian yang dapat dilepas

r0 415 5184 3341 w1200 h678 fmax 1

Setelah selesai dengan desain packing dan memilih jenis bahan untuk membungkus, selanjutnya masuk ke tahap pengemasan. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan barang dalam kondisi bersih dan kering. Usahakan jangan sampai ada debu atau kotoran yang menempel.

Lalu selanjutnya, pisahkan beberapa bagian barang yang bisa di lepas. Terutama jika furniture yang akan dkirim adalah jenis bongkar pasang. Anda bisa mengumpulkan barang-barang kecil seperti baut, sekrup dan plastik untuk menghindari kehilangan. Hal tersebut betujuan untuk memudahkan pengemasan barang.

4.Bungkus di tiap sudut barang

Packing furniture for shipping 1
Packing furniture for shipping kargopedia

Penting bagi anda untuk memperhatikan sudut-sudut furniture ketika proses pengemasan. Apalagi jika barang tersebut berbahan kayu. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya gesekan atau benturan yang bisa saja terjadi selama perjalanan dan mengakibatkan kerusakan.

Anda bisa menggunakan kardus atau potongan karton yang bergelombang untuk menutupi sudut-sudutnya. Dan jika ingin barang yang dikirim lebih aman, bisa memakai bubble warp. Agar lebih kuat gunakan tali raffia dan lakban untuk mengikatnya.

5.Bungkus bagian lain secara berlapis

how to shrink wrap

Setelah setiap bagian sudut terbungkus dengan baik, lanjut ke pengemasan bagian lain furniture. Anda bisa membungkus furniture yang hendak dikirim melalui penyedia jasa ekspedisi murah secara berlapis dan menggunakan bahan yang berbeda. Hal tersebut bertujuan agar furniture lebih aman selama perjalanan ke lokasi tujuan.

Di lapisan pertama, gunakan plastik atau bubble warp. Kedua, lapis lagi dengan menggunakan styrofoam. Kedua bahan tersebut bagus digunakan sebagai pembungkus bagian dalam karena dapat meredam getaran terhadap barang. Agar lebih aman, anda bisa mengkombinasikan bahan-bahan sebelumnya dengan kayu di bagian paling luar.

6.Pasang stiker untuk peringatan

kargopedia

Dalam proses pengemasan ini, hal terakhir yang perlu dilakukan dan tidak boleh dilewatkan adalah memasang stiker peringatan. Terutama jika yang anda kirim adalah barang yang rawan pecah, rusak atau barang berharga lainnya.

Umumnya tanda peringatan akan ditempelkan pada lapisan packing paling luar, baik dikayu atau kardus. Agar pihak penyedia jasa ekspedisi murah tahu tentang kondisi barang dan berharap agar kurir lebih berhati-hati saat membawanya.

Tips mengirim barang furniture agar lebih aman

Berikut adalah tips untuk mengirim furniture dengan aman :

1.persiapkan barang untuk pengiriman yang aman

Salah satu yang harus anda lakukan adalah mempersiapkan furniture mulai dari bahan packing seperti bubble warp, karton, kardus, plastic dan kayu hingga memasang stiker peringatan.

2.Hati-hati dalam proses bongkar muat

Proses bongkar muat dalam sebuah pengiriman juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Pilih vendor ekspedisi murah yang sudah terpercaya. Pastikan memilih kendaraan dari jasa ekspedisi dengan kapasitas besar.

3.Pastikan kondisi barang furniture setelah dikirim

Setelah barang di packing, pastikan barang dikirim ke alamat tujuan dengan baik. Ketika barang sampai anda perlu mengecek ulang kondisinya apakah tetap rapi, tidak pecah, bagus dan komplit.

Tidak usah sungkan dan segeralah untuk memastikan kembali dengan pihak jasa ekspedisi apabila ada sesuatu yang janggal. Juga tunjukkan bukti foto bahwa barang dikirim dalam kondisi yang bagus dan lengkap. Entah itu dengan surat jalan, foto atau apapun yang bisa membantu.

4.Gunakan Asuransi

Melindungi barang adalah salah satu hal yang perlu anda lakukan dalam proses pengiriman dengan menggunakan penyedia jasa ekspedisi murah, pastikan jasa ekspedisi yang digunakan memiliki asuransi untuk pengiriman barangnya.

Salah satu penyedia jasa ekspedisi / logistik terbaik yang memiliki asuransi untuk pengiriman barang anda adalah aplikasi Kargopedia. Bekerja sama dengan PT Sompo Insurance Indonesia, untuk melindungi pengiriman barang anda. Kargopedia menyediakan asuransi gratis dan juga premium bagi anda sehingga anda akan merasa aman dan nyaman dalam melakukan transaksi anda bersama Kargopedia.

Download aplikasi kargopedia di Playstore dan AppStore. Anda juga bisa bergabung menjadi Mitra Driver Kargopedia disini.

aman kargopedia
185608699 283228850185222 4703133273026037798 n

Semoga ulasan diatas dapat membantu anda untuk mengetahui seputar proses packing dan anda tidak perlu khawatir lagi untuk menggunakan jasa ekspedisi untuk mengirim barang furniture.

Sumber mitranpack.com.

Mengenal apa itu truk dan Apa saja jenisnya, DISINI!!

Mengenal apa itu truk dan Apa saja jenisnya, DISINI!!

Sewa Truk

Mengenal Apa Itu Truk     Truk merupakan sebuah jenis armada transportasi yang memiliki bentuk dan ukuran begitu beragam dengan

Read More
Tips Aman Bekendara, Hati-Hati Dijalan, Selamat Sampai Tujuan Guys !!!

Tips Aman Bekendara, Hati-Hati Dijalan, Selamat Sampai Tujuan Guys !!!

Kendaraan, Transportasi

Kecelakaan masih menjadi salah satu bencana yang tak pernah surut di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), hingga tahun

Read More
7 MACAM ALAT BERAT DENGAN TEKNOLOGI MODERN SEBAGAI ALAT BANTU ANGKAT BARANG

7 MACAM ALAT BERAT DENGAN TEKNOLOGI MODERN SEBAGAI ALAT BANTU ANGKAT BARANG

Sewa Alat Berat

Pekerjaan mengangkat dan memindahkan barang bisa jadi merupakan pekerjaan paling tua yang dikerjakan oleh manusia. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini

Read More

Link Penting

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia