Logo Kargopedia Baru

Jaringan Distribusi dalam Kegiatan Logistik Modern

Istilah distribusi sudah sangat lumrah didengar karena penggunaannya banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari di kegiatan logistik modern. Contohnya distribusi beras, produk, distribusi bantuan untuk korban bencana, dan masih banyak lagi.

Distribusi adalah salah satu asapek dari pemasaran. Distribusi bisa juga di artikan sebagai kegiatan pemasaran yang berusaha untuk mempermudah atau memperlancar penyampaian barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Seseorang atau suatu perusahaan distributor adalah perantara yang bertugas untuk menyalurkan produk dari pabrikan (manufacturer) ke pengecer (retailer). Setelah pabrik memproduksi suatu barang, produk akan segera dikirimkan ke suatu distributor. Kemudian, distributor akan menjuaknya ke pengecer atau konsumen.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Jaringan Distribusi

Terkait distribusi produk, setiap perusahaan memiliki kebijakan masing-masing meskipun bergerak dalam bidang yang sama. Setiap pilihan distribusi produk dapat dipastikan memiliki kelebihan masing-masing dengan tujuan yang sama yaitu menarik minat konsumen untuk  membeli barang tersebut.

JARINGAN DISTRIBUSI KARGOPEDIA

Ada beberapa faktor yang memengaruh pelayanan yang baik untuk konsumen dalam suatu jaringan distribusi, antara lain :

1.Waktu merespon (Response time)

Berkaitan dengan waktu yang diperlukan agar produk dapat diterima oleh konsumen. Jika terjadi keterlambatan pada proses pengiriman, konsumen dapat beralih ke produk lain. Untuk itulah, jaringan distribusi dalam kegiatan logistik modern harus merespon hal tersebut dengan baik, Manajemen transportasi logistik modern adalah satu satu aspek yang perlu diperhatikan untuk memastikan proses distribusi berjalan dengan lancar.

2.Varian produk (Product variety)

Banyaknya jenis produk yang ditawarkan oleh saluran distribusi. Saat jenis produk yang ditawarkan  banyak maka saluran  distribusi akan membutuhkan alat control lain untuk mendapatkan biaya efisien.

3.Ketersediaan produk (Product availability)

Ketersediaan produk tersebut saat permintaan pasar lebih tinggi dari perkiraan. Hal ini biasanya terjadi pada waktu tertentu. Sebagai contoh, saat hari besar agama biasanya permintaan produk akan tinggi. Perkiraan tentang peningkatan penjual sangat penting untuk mendapatkan keuntungan maksimal dengan waktu terbatas.

4.Waktu pemasaran

Waktu yang diperlukan pasar untuk menerima dan merespon produk saat adanya barang baru. Saluran atau jaringan distribusi logistik modern harus memperhitungkan masalah ini karena jika permintaan meleset jauh, biasanya produk akan gagal dipasaran.

5.Pengalaman pelanggan

Kemudahan konsumen dalam mendapatkan dan menggunakan produk adalah hal penting yang juga perlu diperhatikan.

GAMBAR 2 2

Penjadwalan penyerahan

Penjadwalan penyerahan produk secara operasional akan mempengaruhi keputusan gaya dan moda transoprtasi logistik modern apa yang akan digunakan dalam proses distribusi. Ada dua jenis metode penyerahan terkait dengan transportasi, yaitu :

1.Penyerahan langsung

Dilakukan dengan cara sederhana, metode penyerahan ini memilih alur yang paling pendek. Penjadwalan penyerahan jenis ini akan melibatkan keputusan tentang kuantitas pengiriman dan frekuensi penyerahan ke tujuan. Metode ini memiliki keuntungan kesederhanaan koordinasi penyerahan dan operasi kerena pemindahan produk dilakukan secara langsung. Selain itu, penyerahan jenis ini juga efisien jika dilakukan berdasarkan kuantitas pesanan ekonomis dan pemilihan moda transportasi logistik modern yang sesuai.

2.Penyerahan milk run

Penyerahan yang menyalurkan produk dari penempatan awal tunggal ke berbagai penempatan hingga sampai ke penempatan penerima tunggal. Penjadwalan untuk penyerahan ini jauh lebih kompleks daripada penyerahan langsung. Hal ini disebabkan keputusan yang dibuat meliputi frekuensi penyerahan, pengiriman produk dalam jumlah berbeda dan runtutan penyerahan.

Demikian tadi sedikit pembahasan mengenai jaringan distribusi dalam kegiatan logistik modern. JIka anda menginginkan segala proses logistik dan distribusi berjalan dengan lancar, pastikan untuk menerapkan manajemen transportasi logistik modern dengan tepat dan benar.

kargopedia
kargopedia

Kargopedia hadir untuk membantu anda dalam manajemen transportasi logistik modern. Dengan fitur utama pemesanan transportasi, pengiriman barang, dokumen, ekspedisi dan kargo. Aplikasi Kargopedia memberikan anda kebebasan lebih dalam hal : harga, jarak, bobot muatan, jenis armada dan waktu pengiriman. Didukung oleh moda transportasi yang memadai dan driver yang terverifikasi langsung, segala bentuk pengiriman anda akan lebih aman hingga sampai ketempat tujuan.

Pelajari selengkapnya tentang aplikasi logistik modern Kargopedia disini. Dowload aplikasi Kargopedia di Playstore dan Appstore, Lalu daftar sebagai pengguna. Anda juga bisa bergabung menjadi Mitra Driver Kargopedia disini.

Sumber lincgrp.com

Link Penting

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia