Logo Kargopedia Baru

Kenapa Truk Zaman Dulu Mancung Tapi Sekarang Jadi Pesek? Ini Alasannya

Melihat truk zaman sekarang memang beda dengan truk zaman dulu, setidaknya di Indonesia, rata-rata sudah pesek alias tidak ada ‘hidungnya’.

Mau itu keluaran Toyota, Hino, Mitsubishi Fuso, maupun brand Eropa sekalipun kebanyakan sudah tidak ada kap mesin di depan.

truk batu kargopedia

Beda dengan truk zaman dulu yang mancung, seperti misalnya truk-truk lansiran Toyota hingga Mercedes-Benz yang saat ini masih dipakai di kawasan Citatah, Padalarang, Jawa Barat.

Meski sudah berusia tua, truk yang punya julukan buaya ini masih sanggup mengangkut bongkahan batu kapur berukuran besar di sana.

Apa sih yang membuat truk zaman sekarang jadi kehilangan hidungnya? Truk yang pesek punya nilai ekonomis lebih, yakni bisa menciptakan ruang yang lebih efisien sehingga daya angkut bisa bertambah.

Untuk tipe truk mancung, dengan adanya kap mesin di depan, rear body-nya jadi lebih kecil, jadi kapasitas muatannya tidak terlalu banyak. Dan untuk model truk yang sekarang, ruang untuk barang bisa lebih luas. Tapi tetap aman.

truk mancung kargopedia
truk pesek kargopedia

Selain desain, truk keluaran baru punya performa yang berbeda dengan truk zaman dulu. Hal ini dikarenakan tren otomotif yang sudah bergeser lebih ke arah efisiensi dan performa lebih baik. Walaupun cc-nya lebih kecil tapi tenaga lebih besar. Tentunya ini menyesuaikan dengan desain dan kebutuhan. Jadi faktor pertama nilai ekonomis, lalu tren dan teknologi.

Sementara kalau dari sisi keselamatan dan posisi berkendara, antara truk pesek dan mancung sama-sama memberikan keamanan yang baik. Buktinya seperti di Amerika Serikat, masih banyak truk-truk mancung yang berkeliaran.

Sumber Gridoto.com

Bergabung menjadi mitra driver Kargopedia disini

Download aplikasi Kargopedia di Playstore

Dowload aplikasi Kargopedia di AppStore

Link Penting

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia