Logo Kargopedia Baru

Manajemen Transportasi Logistik

  • Definisi 

    Secara umum, pengertian manajemen logistik adalah suatu penerapan prinsip-prinsip manajemen dalam kegiatan logistik dengan tujuan agar pergerakan personil dan barang dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

    Manajemen logistik adalah bagian dari proses supply chain management yang memiliki fungsi penting dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian efektifitas dan efisiensi penyimpanan dan aliran barang, pelayanan dan informasi, hingga ke titik konsumsi untuk memenuhi keperluan konsumen.

    Transportasi  adalah perpindahan produk atau manusia dari satu lokasi ke lokasi lainnya untuk menciptakan place utility, jadi maksud dari transportasi ini diharapkan nanti bisa menambah nilai guna dari suatu barang atas tempat. Nah, komponen yang signifikan dari biaya supplay chain itu adalah transportasi. Jadi transportasi di sini merupakan sesuatu hal yang sangat penting sekali di dalam suatu proses distribusi barang dari manufaktur ke pelanggan.  

    ada dua komponen dalam transportasi yang pertama yaitu:

    Shipper atau pihak pengirim yaitu pihak yang membutuhkan perpindahan produk antara dua titik yang dimaksud dua titik di sini adalah berarti titik dari manufaktur ketitik pelanggan.

    Kurir atau pembawa yang nantinya dia akan bertugas untuk memindahkan atau mengangkut produk dari manufaktur ke pelanggan.

logistica 4.0 800x500 1

Didalam manajemen transportasi logistik ini ada pengorbanan yang harus diambil dalam mengambil keputusan transportasi, pengorbanan yang dimaksud adalah berhubungan dengan pengorbanan masalah transportasi serta pengorbanan dari biaya persediaan.  Keputusan mendasar dalam supply chain yaitu berhubungan tentang transportasi mode, mode transportasi yang digunakan dan jumlah persediaan ini adalah dua hal yang sangat fundamental dalam supply chain,

kemudian berhubungan dengan hal itu juga  pengorbanan, disini ini dikaitkan dengan biaya transportasi dan pengorbanan atas respon dari pelanggan. Jadi kalau diibaratkan disini misalkan di antara menggunakan kapal atau pesawat terbang, berkaitan dengan biaya transportasi biasanya lebih murah dengan menggunakan kapal laut karena sekali angkut bisa banyak dan bisa banyak macam dengan kapasitas yang lebih besar, tetapi kalau Berbicara masalah respon dari pelanggan jelas pelanggan akan lebih tertarik dengan menggunakan pesawat karena barang akan cepat sampai. Kedua hal ini yang selalu akan muncul di dalam manajemen transportasi logistik.

lt5eaa64a0ea39c

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Biaya Transportasi Logistik

1. Produk
kargopedia.id

Faktor-faktor yang yang dapat mempengaruhi produk antara lain sebagai berikut :

  • Kepadatan atau rasio berat terhadap volume jadi disini dalam transportasi biaya dan harga transportasi, ini nanti juga memperhatikan masalah berat ataupun volume. Beratnya mungkin ringan tetapi volumenya memakan tempat ini akan menimbulkan biaya transportasi yang lebih besar.
  • Pemanfaatan kubus ,berkaitan dengan kemasan, hal ini juga akan menimbulkan perbedaan biaya.
  • Tingkat kesulitan di dalam penanganan, barang yang mudah ditangani tidak meledak, tidak mudah rusak, tidak mudah pecah, akan lebih murah biaya transportasinya dibandingkan dengan biaya barang yang mudah rusak, mudah meledak, ataupun yang lainnya yang memiliki resiko tinggi dan membutuhkan penanganan yang ekstra, hal ini akan berpengaruh pada biaya transportasi makan nanti kalau biaya transportasinya tinggi jelas nanti harganya juga semakin mahal.
  • Tanggungjawab, berbicara tentang tanggungjawab untuk suatu produk dengan rasio nilai terhadap berat barang yang tinggi dan mudah rusak,  tingkat kehilangan atau kecurian yang tinggi, hal ini juga menimbulkan biaya transportasi yang tinggi. Mengirimkan  barang seperti emas atau logam mulia itu dapat menimbulkan biaya transportasi yang tinggi dibandingkan dengan produk-produk yang tidak memiliki nilai dan kemungkinan hilang tinggi.

2. Pasar
segmentasi pasar

Ada beberapa faktor-faktor yang mempengarhi pasar yakni sebagai berikut:

  • Tingkat kompetisi intramode dan kompetisi intermode ,  yaitu tentang bagaiman alat transportasi yang digunakan, lalu proses pergerakan transportasi dari satu titik ke titik yang lainnya, tingkat kompetisinya yang semakin ketat maka akan menimbulakan biaya transportasinya semakin tinggi, sedangkan semakin longgar tingkat kompetisinya maka biaya transportasinya akan semakin rendah.
  • Lokasi pasar , lokasi Pasar akan berkaitan dengan jarak antara manufaktur dengan pasar sasaran  atau pangsa pasarnya yaitu pasar dimana pelanggan itu membutuhkan barang tersebut, jelas semakin jauh atau semakin sulit lokasi Pasar itu dijangkau maka akan semakin mahal biaya transportasinya.

  • Sifat dan tingkat peraturan pemerintah di dalam pengangkutan barang tidak sedikit pemerintah suatu negara atau bahkan hanya selevel daerah itu memutuskan kebijakan-kebijakan mengenai pengangkutan barang antarkota, barang antar provinsi atau barang antar Negara. Salah satu contohnya misalkan pemerintah hanya mengizinkan truk yang bergerak pada pagi sampai sore hari (seperti kondisi pendemi pada saat ini) adalah truk yang mengangkut sembako. Munculnya kebijakan ini akan berakibat pada pengangkutan barang-barang selain sembako hanya diijinkan berjalan setelah sore hari yaitu pada malam hari. Kebijakan ini jelas akan menambah biaya transportasi.
fhcik
  • Keseimbangan dan ketidakseimbangan lalu-lintas barang dipasar, jadi ketika barang itu memiliki keseimbangan pasar yang bagus antara permintaan dan penawaran seimbang maka transportasi tidak begitu terpengaruh, akan tetapi ketika terjadi lonjakan sehingga terjadi implants di dalam permintaan dan penawaran di pasar maka ini akan menambah biaya transportasi yang ada.

  • Musim, dari perkiraan produk contoh musim dari perkiraan produk biasanya disini yang mudah dilihat itu adalah misalkan berhubungan dengan buah-buahan, buah-buahan ada yang mulai berbuah pada musim-musim tertentu atau pada bulan-bulan tertentu, jadi disini pergerakan yang hanya pada musim-musim tertentu tersebut akan menimbulkan efek naiknya biaya transportasi yang ada, karena disini proses transportasi jelas schedulenya akan menjadi lebih padat karena adanya tambahan dari manajemen transportasi pada perusahaan-perusahaan logistik.

  • Masalah domestik atau internasional, untuk teleportasi didalam domestik jelas lebih murah daripada transportasi internasional.

3. Penjadwalan dan Penentuan Rute Pengiriman
MAN TGX kargopedia

Penjadwalan dan penentuan rute pengiriman, akan menentukan besar kecilnya biaya transportasi yang harus ditanggung oleh perusahaan. Ada dua tipe dalam hal ini sebagai berikut

  • Tipikal objektif, dalam tipikal obyektif ini perusahaan berusaha meminimalisasi biaya dengan mengurangi jumlah pengiriman, total jarak yang ditempuh dan total waktu perjalanan. Tujuan dari Tipe kalau objektif disini adalah berusaha untuk menghilangkan kegagalan pelayanan seperti keterlambatan pengiriman.
  • Tipikal constraints, pada tipe ini yang dilihat adalah waktu, berhubungan dengan waktu penggunaan barang tersebut, kemudian masalah kapasitas truk untuk mengangkut, lalu yang ketiga masalah rute. Batasan rute yang ada dalam misal kita ambil contoh untuk rute di sini perusahaan-perusahaan mengirimkan barang pada rute yang sama atas mungkin 2/3 barang yang harus dikirim, ini salah satu tipikal constraint yang nanti akan mempengaruhi biaya transportasi.

Tugas Manajemen Logistik

1 URlj3Kxjc5qJZlox GxUg 1

Sejatinya tugas utama manajemen logistik adalah untuk memastikan keseimbangan antara pendapatan dan biaya untuk menghasilkan keuntungan. Untuk mencapai tujuan tersebut, ada beberapa tugas penting lainnya yang harus dilakukan, diantaranya adalah:

  1. Menentukan sistem logistics management yang dipakai.
  2. Menentukan pemakaian logistik secara privat atau agen.
  3. Menentukan moda transportasi yang akan dipakai.
  4. Membuat rancangan organisasi logistik.
  5. Menentukan lokasi pergudangan pada lokasi terbaik.
  6. Menentukan kegiatan operasional gudang.
  7. Membuat rancangan bauran logistik.

Sekarang sudah hadir aplikasi baru untuk memudahkan pengiriman anda sobatt….. kunjungi kargoopedia.id untuk info lebih lengkapnya

Download aplikasi kargopedia di playstore atau appstore 

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia