Logo Kargopedia Baru

Mekanisme COD pada Marketplace bikin untung atau buntung? Berikut langkah-langkah yang harus di lakukan oleh Marketplace, Perusahaan Ekspedisi Murah dan Penjual

Jenis pengiriman dari pembelian online memiliki beberapa metode, yaitu metode pembayaran transfer, dompet digital, kredit dan saat ini yang sedang ngetrend adalah COD (Cash On Delivery). Pembayaran COD ini dilakukan langsung tatap muka yang dilakukan pembeli dengan kurir perusahaan ekspedisi murah yang bekerjasama dengan platform Marketplace. Mudahnya metode ini tentu memiliki kelebihan yang dirasakan oleh pelanggan, namun ternyata ada kerugian yang dialami oleh kurir dari perusahaan ekspedisi murah tersebut, apa saja itu?

COD 3 kargopedia

Baru-baru ini tersiar kabar yang viral tentang kegeraman para netizen atas perilaku seorang ibu yang membeli barang dengan sistem COD marah-marah dengan kata-kata kasar ke kurir perusahaan ekspedisi murah sang pengantar barang. Pasalnya barang yang dipesan dari marketplace kemudian diantar oleh sang kurir tersebut, dianggap tidak sesuai dengan barang yang dipesan oleh pembeli. Netizen menganggap perilaku ibu ini sudah keterlaluan karena sesuai tugasnya kurir hanyalah petugas pengantar barang dari perusahaan ekspedisi murah dan tidak punya kaitan apapun terhadap transaksi jual beli yang terjadi.

Permasalahan ini timbul karena sang pembeli yang kurang memahami bagaimana mekanisme jual beli skema Cash On Delivery (COD) yang diberlakukan oleh Marketplace. Hal ini bisa juga karena ketidaksesuaian yang terjadi yang membuat  jengkel sang pembeli. Yang mungkin justru bersumber dari mekanisme COD yang ditentukan oleh Marketplace.

Jadi, perlu kita pahami lebih dulu apa itu definisi system pembayaran digital dengan skema COD yang ditentukan oleh Marketplace pada umumnya, dan pemahaman tentang bagaimana mekanisme yang ditentukan Marketplace sehingga dianggap berpotensi merugikan para pihak terkait yakni penjual, pembeli dan sang kurir ekspedisi murah pengantar barang tersebut.

kurir dan pembeli kargoepdia
pembayaran COD kargopedia
woman paying he package

COD secara umum bermakna bayar ditempat, yang berarti pembayaran secara langsung saat kurir pengantar barang dari perusahaan ekspedisi murah telah sampai dirumah atau alamat tujuan. Dimana pembayaran cash akan diserahkan oleh pembeli kepada kurir sebelum barang diterima dan dibuka (di-unboxing) oleh pembeli atau pihak lain yang dianggap mewakili pembeli. Dengan metode COD ini, penjual akan diuntungkan. Sebab, saat kepercayaan dengan konsumen sudah terbangun mekanisme ini akan meningkatkan peluang orderan menjadi semakin tinggi. Apalagi ketika penjual juga memberikan garansi pengembalian bila barang yang diterima konsumen dianggap tidak sesuai dengan transaksi pembelian yang dilakukan melalui platform marketplace.

Namun, ada ketentuan yang perlu diketahui pula yaitu pembatasan untuk menggunakan metode pembayaran COD bagi pembeli yang melakukan pembatalan pesanan beberapa kali dalam satuan waktu tertentu melalui platform di marketplace. Merujuk pada ketentuan yang didapatkan dari laman Marketplace pada umumnya, bagi pembeli yang kedapatan beberapa kali membatalkan transaksi COD, pihak Marketplace akan menonaktifkan atau mencabut fasilitas pembayaran COD selama beberapa waktu. Hal ini dilakukan untuk membatasi kebiasaan pembeli yang sering melakukan penolakan paket dengan kiriman bayar ditempat tanpa alasan apapun. Karena pembatalan order yang dilakukan pembeli sebelum barang sampai ditempat tujuan, bisa merugikan pihak penjual. Kerugian yang diderita oleh penjual jika pembeli mendadak membatalkan transaksi adalah biaya proses pengemasan paket, ongkos tenaga kerja, biaya bahan bakar kendaraan, dan risiko atas kerusakan barang yang mungkin terjadi pada saat barang dalam pengiriman.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh pihak-pihak terkait sehingga kedepan, bisa lebih menenangkan dan menentramkan untuk semuanya :

Pihak Marketplace

marketplace kargopedia

Marketplace menerbitkan klausul berupa dua opsi bagi pembeli untuk memilih membatalkan transaksi atau meneruskan. Dengan konsekuensi bagi pembeli yang memilih untuk membatalkan transaksi jual beli akan menerima bahwa pembeli setuju menyerahkan uang kepada kurir dari perusahaan ekspedisi murah untuk membayar biaya ekspedisi beserta biaya pengemasan barang. Atau meneruskan akad jual belinya dengan cara membayar tagihan pembelian dan kurir dari perusahaan ekspedisi murah bisa menerima klaim garansi dengan konsekuensi bahwa pihak pembeli tidak dikenakan biaya ekspedisi dan pengemasan barang.

Marketplace perlu memperbanyak sosialisasi atau literasi kepada penjual dan pembeli tentang fasilitas pembayaran COD untuk memberikan penegasan bahwa skema ini lebih tepat disebut dengan skema janji beli,bukan akad jual beli seperti biasanya.

Pihak Penjual 

marketplace kargopedia online

Penjual wajib memahami perbedaan konsekuensi antara skema janji beli dengan jual beli. Penjual wajib pastikan telah mencantumkan spesifikasi barang yang sejelas-jelasnya pada lapak onlinenya di Marketplace. Penjual wajib menyerahkan proses pengemasan akhir kepada perusahaan ekspedisi murah yang sudah dipilih oleh pembeli. Dan penjual wajib meyertakan label pengiriman (Cetak pesanan yang memuat spesifikasi barang sesuai akad janji beli) yang dapat dibaca secara jelas dan ditempelkan pada paket yang akan dikirim.

Pihak Perusahaan ekspedisi Murah

kargopedia murah
kargopedia layanan

Pihak perusahaan wajib memiliki divisi khusus yang menangani pengemasan barang final dengan prosedur rupa dan kualitas kemas yang seragam.

Ekspedisi wajib memastikan kuantitas, kualitas dan spesifikasi barang yang dikemas sudah sesuai dengan akad janji beli yang di lakukan pada platform Marketplace. Kurir wajib menjelaskan kepada pihak pembeli bahwa ekspedisi telah melakukan proses sortir barang sesuai prosedur yang berlaku. Kurir juga wajib memastikan penerimaan uang pembayaran baik secara fisik maupun digital jika barang telah diterima dan di cek pembeli.

Selanjutnya, kurir wajib menegaskan penjelasan bahwa apabila pembeli telah membongkar kemasan dan mendapati barang tidak sesuai ekspektasinya, maka pembeli boleh memilih untuk membatalkan transaksi jual beli dengan konsekuensi berlakunya syarat bahwa pembeli setuju menyerahkan uang uang kepada kurir untuk pembayaran biaya ekspedisi beserta biaya pengemasan barang.

kurir mengantarkan paket kargopedia
kurir menjelaskan kargopedia
kurir barang kargopedia

Dalam belanja online, pada prinsipnya ada beberapa pihak yang terlibat. Pihak penjual adalah pihak yang menggelar dagangan di platform Marketplace, memasarkannya dan mengirimkannya melalui perusahaan ekspedisi murah hingga sampai ke pembeli. Penjual inilah yang punya stok barang, melakukan pengemasan barang, dan akan menerima uang pembayaran setelah transaksi berjalan lancar dan tuntas dilakukan.

Namun karena uang yang dibayarkan pembeli tidak langsung sampai ke penjual, maka pihak Marketplace yang menjadi koordinator dalam proses pemesanan hingga pengiriman barang perlu menerbitkan standar operasi yang detail dan mudah di implementasikan di lapangan. Sehingga dalam praktiknya, Marketplace yang memiliki kaitan langsung dengan pihak penjual dan pihak perusahaan ekspedisi murah harus dapat memastikan barang yang dipilih benar-benar sampai ke tangan pembeli.

Jika standar operasi dapat dibenahi secara komprehensif, maka kejadian-kejadian yang membuat para kurir berpotensi menjadi pihak yang paling awal terkena komplain dari pembeli karena skema COD ini, dapat lebih mudah dikendalikan.

Sumber antaranews.com

Bergabung menjadi Mitra Kantor Perwakilan Kargopedia 

Daftar sebagai Mitra Driver Kargopedia 

Download Aplikasi Kargoepdia di Playstore dan AppStore

 

Link Penting

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia