Logo Kargopedia Baru

Mengenal lebih dalam Jasa Pengiriman Ekspedisi.

Kargo diartikan sebagai jasa pengiriman barang berbayar melalui jalur darat, laut, dan udara, menggunakan berbagai jenis angkutan. Sejarah pengiriman barang bermula pada zaman pra sejarah atau sekitar 150.000 tahun yang lalu.

  • Perdagangan mengalami perkembangan pesat pada zaman perunggu. Masyarakat peradaban Lembah Indus, Mesopotamia dan Mesir Kuno saling mengirimkan rempah ataupun hasil tekstil menggunakan jalur darat dengan kendaraan kereta kuda.
  • Namun zaman perunggu menjadi zaman paling ekstrim untuk pengiriman jalur darat, karena rawan pemerasan dan perampokan. Akhirnya, masyarakat pada saat itu beralih menggunakan jalur laut Sungai Nil. Pada era itu pula mulai dibangun tempat pemberhentian barang di pelabuhan kapal.
  • Era selanjutnya bermula ketika ditemukannya “jalur sutra” yang menghubungkan Benua Asia, Eropa dan Afrika pada saat itu. Sejak ditemukannya jalur sutra, dibangun pula pelabuhan utama, seperti Pelabuhan Roman, Arsing dan Berenice atau Moor Hormones. Jasa pengiriman pada era ini melalui darat dan laut, namun muncul permasalahan yang sama seperti era sebelumnya yaitu jalur laut menjadi jalur yang rawan bagi kargo.
  • Oleh karena itu, era pengamanan jalur perdagangan dimulai saat Kerajaan Roma yang membuat jaringan pelabuhan dan membangkitkan kekuatan armada laut.
  • Perlu diketahui pula, armada yang digunakan pada Era Kuno bermacam-macam, seperti manusia (jalan kaki), hewan (kuda dan keledai), kereta luncur (sebelum ditemukan roda), roda, gerobak, dan kapal laut.
  • Saat ini kendaraan yang digunakan pengiriman kargo semakin beragam, mulai dari truk dengan berbagai tipe, sampai kontainer yang bisa mengirim barang dengan skala besar ke tempat tujuan.
  • Itulah perkembangan jasa pengiriman kargo dari waktu ke waktu, menarik bukan? Setelah mengetahui sejarah perkembangan pengiriman kargo, mari kita beranjak membahas hal-hal yang harus Anda ketahui sebelum menggunakan jasa pengiriman. Karena ada banyak sekali pilihan ekspedisi di era digital seperti saat ini, salah satu contoh ekspedisi murah di era digital adalah kargopedia.

    Sarana pengangkutan barang atau yang lebih sering kita sebut dengan ekspedisi mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat terlebih lagi pada masa sekarang ini. Karena dengan jasa pengangkutan orang akan dapat saling berhubungan satu dengan yang lainnya dalam bidang apapun. Dengan sarana angkutan tersebut orang juga dapat pindah atau pergi dari satu tempat ke tempat lain atau dapat pula memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lain.misalnya dari Bali ke Lombok ataupun sebalikanya yang di  kenal dengan ekspedisi Bali-Lombok.

  Jasa pengiriman barang atau ekspedisi pada era sekarang ini sudah menjadi salah satu kebutuhan hidup yang tidak kalah pentingnya. Hal ini dikarenakan banyaknya masyarakat yang saling kirim mengirimkan barang dari tempat yang satuke tempat yang lainnya bahkan hingga ke tempat  yang jauh sekalipun membuat jasa ekspedisi ini menjadi sangat penting. Tidak dapat dipungkiri juga bahwa perkembangan teknologi di era modern saat ini juga memiliki kontribusi yang sangat besar terhadap kebutuhan masyarakat akan jasa pengiriman barang atau ekspedisi.

  Karena adanya perkembangan teknologi yang sangan pesat penjualan suatu barang/produk atau jasa tidak hanya dilakukan melalui tatap muka, akan tetapi sudah menggunakan media online seperti yang sering kita jumpai pada sosial media dan aplikasi-aplikasi untuk belanja online  sehingga barang yang kita inginkan dengan mudah kita bisa dapatkan tentunya setelah adanya kesepakatan dan melakukan pembayaran dengan kemajuan teknologi in bertransaksi apapun menjadisangat mudah, setelah melalu proses pemesanan dan pembayaran maka barang akan dikirim melalui jasa pengangkutan atau jasa pengiriman barang (ekspedisi).

  Tingkat kepuasan pelanggan sangat erat kaitanya dengan bagaimana pelayanan oleh jasa pengiriman barang atau ekspedisi, seperti jasa ekspedisi murah. Pelayanan yang diberikan juga akan berpengaruh terhadap penentuan tarif  jasa pengiriman barang atau ekspedisi tersebut. Tarif angkutan jalan yang mahal dan tidak fleksibel akan menjadi hambatan besar. Oleh sebab itu, suatu perusahaan atau ekspedisi harus terus berusaha meningkatkan kegiatan pelayanan pada para konsumennya, dimana semakin tinggi kualitas pelayanan jasa yang diberikan, maka konsumen akan merasa semakin puas dan akan terus menggunakan jasa pengriman barang atau ekspedisi.

Pada masa sekarang ini, kita banyak menjumpai kantor-kantor  jasa pengiriman barang atau ekspedisi yang merupakan para pengusaha besar atau perusahaan-peusahaan besar, keberadaan jasa pengiriman menjadi salah satu mata rantai industri yang hampir tidak bisa dipisahkan dari usaha yang mereka kelola. Karena bagi perusahaan yang membutuhkan pengiriman barang dengan jumlah yang sangat besar serta tempat pengiriman yang tersebar jauh bahkan hingga pelosok, tentunya sangat tidak mungkin untuk melakukan pengiriman sendiri.

    Selain itu, ditambah lagi dengan semakin maraknya jual beli online saat ini, menjadikan lebih banyak orang yang membutuhkan jasa pengiriman atau ekspedis murah  untuk mengantar berbagai macam barang ke tempat yang dekat ataupun jauh sekalipun. Dalam transaksi via online, penjual mengirimkan barang yang telah dibayar oleh pembeli atau konsumen melalui jasa pengangkutan barang atau bahasa informalnya adalah ekspedisi, dengan menggunakan jasa ekspedisi murah pengiriman barang akan menjadi lebih mudah dan cepat diterima oleh para konsumen. Penjual hanya membayar ongkos kirim yang telah ditarifkan oleh perusahaan ekspedisi murah tanpa perlu jauh-jauh menuju alamat tujuan pembeli.

  • Pengemasan dokumen atau barang shipper untuk pengangkutan merupakan tanggung jawab shipper.Pihak ekspedisi tidak bertanggung jawab atas kehilangan atau kerusakan dokumen atau barang yang di akibatkan ketidak sempurnaan pengemasan oleh shipper.Shipper juga bertanggung jawab untuk mencantumkan nama, alamat lengkap, tujuan kiriman, jenis atau isi kiriman, dokumen atau barang agar pengantaran di lakukan dengan tepat.
  • Perusahaan ekspedisi hanya bertanggung jawab untuk mengganti kerugian yang dialami shipper akibat kerusakan atau kehilangan dalam proses pengiriman barang atau dokumen oleh pihak ekspedisi, sepanjang kerugian tersebut terjadi ketika barang atau dokumen masih berada dalam pengawasan ekspedisi, dengan catatan bahwa kerusakan tersebut semata-mata di sebabkan karena kelalaian karyawan atau agen perusahaan pengiriman barang atau ekspedisi tersebut.

   Melihat dari sisi tersebut tidak akan ada habisnya, tetapi full service yang diberikan sangat excellent, mulai dari pick up (penjemputan barang) tanpa dipungut biaya sama sekali disertai pengantaran resi (nomer pengiriman) apabila barang atau dokumen telah dikirimkan, pelayanan customer care melalui media juga sangat cepat responsenya.

Begitulah kiranya yang bisa uraikan,selain ekspedisi murah semoga pengiriman jasa ekspedisi dapat berkerja lebih baik dan berhati-hati lagi. Karena jasa mereka sangat diperlukan demi memperlancar arus pengiriman.

Mengenal apa itu truk dan Apa saja jenisnya, DISINI!!

Mengenal apa itu truk dan Apa saja jenisnya, DISINI!!

Sewa Truk

Mengenal Apa Itu Truk     Truk merupakan sebuah jenis armada transportasi yang memiliki bentuk dan ukuran begitu beragam dengan

Read More
Tips Aman Bekendara, Hati-Hati Dijalan, Selamat Sampai Tujuan Guys !!!

Tips Aman Bekendara, Hati-Hati Dijalan, Selamat Sampai Tujuan Guys !!!

Kendaraan, Transportasi

Kecelakaan masih menjadi salah satu bencana yang tak pernah surut di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), hingga tahun

Read More
7 MACAM ALAT BERAT DENGAN TEKNOLOGI MODERN SEBAGAI ALAT BANTU ANGKAT BARANG

7 MACAM ALAT BERAT DENGAN TEKNOLOGI MODERN SEBAGAI ALAT BANTU ANGKAT BARANG

Sewa Alat Berat

Pekerjaan mengangkat dan memindahkan barang bisa jadi merupakan pekerjaan paling tua yang dikerjakan oleh manusia. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini

Read More

Link Penting

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia