Logo Kargopedia Baru

SEBELUM MELAKUKAN SEWA TRUK, KENALI DAN CARI TAHU PERBEDAAN JENIS TRUK DISINI

Hampir setiap hari pasti kita sering melihat truk berlalu lalang. Tidak bisa di pungkiri bahwa keberadaan dan kebutuhan akan armada truk untuk barang dan jasa memang tidak bisa di sepelekan. Truk merupakan kendaraan niaga yang memiliki bentuk dan ukuran yang beragam sesuai dengan kebutuhan. Penggunaannya di khususkan untuk pengiriman barang dalam jumlah dan ukuran besar. Saat ini jasa sewa truk sangat banyak dimanfaatkan, mulai dari perusahaan untuk mendistribusikan barangnya ke konsumen hingga individu yang membutuhkan jasa sewa truk ini untuk pindahan. Tentunya setiap perusahaan penyedia jasa sewa truk memiliki banyak jenis armada truk yang bisa dimanfaatkan untuk sobat yang ingin menyewanya.

Meski sering di jumpai sehari-hari di jalan, masih banyak yang bingung untuk membedakan jenis-jenis truk. Nah, apakah sobat sudah mengetahui perbedaan jenis dari setiap armada truk yang ada di Indonesia? Hal ini sangat penting untuk sobat ketahui sebelum melakukan sewa truk agar kapasitas setiap barang maupun produk yang akan sobat kirim sesuai dengan jenis armada truk yang sobat pilih. Ada baiknya menyimak artikel ini untuk mengenali perbedaan jenis truk, semoga bisa bermanfaat.

1.Pick up (Pikap)

suzuki carry pick up

Pick up (pikap) merupakan jenis truk yang paling kecil. Karena hanya memiliki 2 jenis sumbu roda dengan 4 jumlah roda yang terbagi di masing-masing sisi. Kapasitas maksimal muatan yang di angkut pickup juga tidak besar, hanya sekitar 1,5 ton. Sebab, volume maksimalnya 1 CBM, meski ada juga 6 CBM yang dibedakan berdasarkan bak yang digunakan. Umumnya armada ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan komersial serta berguna juga untuk pekerjaan yang membutuhkan antar jemput barang atau muatan. Sobat yang akan melakukan pindahan untuk rute yang tak terlalu jauh dan beresiko juga bisa menyewa armada ini, sangat berguna juga untuk pengusaha catering dalam jumlah sedang, pengusaha sayur-sayuran dan pengusaha UMKM lainnya untuk mendistribusikan barang ke konsumen.

2.Colt Diesel Engkel

1. Colt Diesel Engkel 1024x576 1

Jenis ini memiliki ukuran yang lebih besar namun sama-sama memiliki 2 sumbu roda yang terbagi di dibagian 2 roda depan dan 2 roda belakang. Sementara untuk kapasitas muatannya bisa menampung hingga 5 ton. Armada ini bisa di manfaatkan untuk sobat pengusaha tenda, rigging, wedding organizer, event organizer, bahkan untuk sobat yang ingin melakukan pindahan rumah dengan jumlah barang yang tidak terlalu banyak. Di Indonesia, jenis ini lebih sering disebut dengan truk engkel.

3.Colt Diesel Double

cdd bak

Bentuknya memang hampir sama dengan truk engkel, namun perbedaan yang paling terlihat terletak dari jumlah roda yang digunakan terutama pada roda bagian belakangnya yang sudah menggunakan 4 roda. Masing-masing menggunakan 2 sumbu, tetapi pada masing-masing sumbu roda belakang menopang 2 roda. Jenis ini bisa mengangkut muatan hingga sekitar 6 ton. Armada Colt Diesel Double biasa digunakan untuk pengangkutan semen dalam tonase yang tidak terlalu besar, pengangkutan kelapa, jagung, bahan bangunan dan lain-lain.

4.Fuso

fuso

Jenis armada ini hampir sama dengan truk Colt Diesel Double. Namun kapasitas angkutannya bisa mencapai 7 sampai 8 ton. Umumnya truk fuso dirakit oleh produsen yang fokus pada produk niaga untuk kelas light dan medium truk. Armada ini biasa dimanfaatkan untuk mengangkut perabotan rumah tangga dalam jumlah besar, pengiriman furniture, besi, kayu dan sebagainya.

5.Tronton

tronton

Jenis armada ini bisa menampung muatan lebih dari 10 ton, bahkan mampu mencapai 20 ton atau lebih. Tronton memiliki 3 sumbu roda yang terbagi 1 sumbu roda di bagian depan, dan 2 sumbu roda di bagian belakang. Jika dilihat dari jumlah ban, tronton memiliki ban berjumlah 10 buah, 2 di bagian depan dan 8 di bagian belakang. Truk tronton menjadi salah satu truk yang diandalkan pelaku bisnis ekspedisi karena dapat membawa barang yang cukup banyak. Armada ini biasa di manfaatkan untuk mengankut material proyek seperti besi ulir, paku bumi atau tiang pancang, semen, batu dan kayu bulat. Truk tronton juga bisa membawa alat berat, asalkan ukuran lebar alat berat tersebut tidak melebihi ukuran lebar bak truk tronton.

6.Wingbox

Hino new Ranger TruckMagz

Wingbox merupakan armada truk yang bisa dibilang jauh lebih favorit bila dibandingkan dengan truk tronton. Sebab untuk truk jenis ini pengguna bisa lebih mempercepat proses bongkar dan muat barang. Akses bongkar muat pada truk wingbox ini bisa melalui tiga sisi yaitu kanan, kiri dan belakang. ketiga sisi tersebut bisa terbuka secara bersamaan. Untuk komposisi sumbu truk wingbox hanya memiliki 2 sumbu roda dengan komposisi sama seperti truk tronton, sehingga sering kali orang menyebutnya sebagai truk tronton wingbox atau truk engkel wingbox. Truk wingbox biasanya menjadi favorit perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang produk dalam kemasan. Sangat efisien untuk pengiriman dalam jumlah yang besar untuk rute antar pulau dan antar provinsi.

7.Trailer

trailer

Truk trailer dibedakan dalam 2 jenis yang dilihat dari jumlah sumbu dan ketinggiannya. Trailer 20 feet memiliki jumlah sumbu empat sampai lima, sedangkan trailer 40 feet memiliki 6 sumbu roda. Bahkan jika dilihat dari jumlah bannya, truk jenis ini setidaknya memiliki ban atau roda sebanyak sebanyak 16 sampai 24 buah. Jenis ini mungkin hanya dimanfaatkan oleh pabrik-pabrik kelas atas yang dalam sekali pengiriman barang bisa mencapai 20 sampai 60 ton untuk mengangkut container. Keberadaan truk trailer sendiri tidak dapat terpisahkan oleh container, karena pada dasarnya container adalah sebuah peti kemas yang menjadi wadah untuk barang yang hendak dikirim dan tempat tempat untuk mewadahi container tersebut adalah trailer.

Nah sobat, itu dia perbedaan dari setiap jenis truk yang banyak digunakan di Indonesia. Jadi sobat sudah bisa menentukan jenis mana yang akan sobat pilih untuk kebutuhan pengiriman sebelum melakukan sewa truk. Lalu dimanakah sobat bisa mencari jasa sewa truk terbaik dengan layanan yang cepat, aman, mudah dan menguntungkan? Aplikasi Kargopedia adalah jawabannya. Segala jenis armada untuk segala jenis keperluan sobat ada disini. Bahkan, sobat bisa request langsung di aplikasi untuk kebutuhan khusus.

Kargopedia memberikan semua yang di impikan oleh individu atau perusahaan sebagai penumpang atau pengirim barang. Di jemput dan di antar sampai tujuan, tanpa batas bobot muatan, harga, jarak, jenis armada, type pembayaran, live tracking, royalty dan royalty program dan lain-lain. Tersedia asuransi gratis maupun premium untuk sobat, sehingga sobat akan lebih tenang dan nyaman sewaktu sobat menggunakan aplikasi Kargopedia untuk melakukan transaksi.

189666972 292198662621574 3798035415689652941 n
kargopedia

Aplikasi Kargopedia membuat sobat serasa memiliki asisten dan perusahaan pribadi yang sangat menguntungkan. Download aplikasi Kargopedia di PlayStore atau AppStore sekarang juga dan rasakan manfaat serta keuntungan lebih menggunakan Kargopedia.

Link Penting

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia