Logo Kargopedia Baru

SEJARAH DAN PERKEMBANGAN INDUSTRI OTOMOTIF HONDA

Honda Motor Company, Ltd., merupakan produsen mobil, truk, sepeda motor dan skuter asal Jepang yang didirikan oleh Soichiro Honda pada 24 September 1948 di Hammamatsu, Jepang. Tak hanya itu, Honda juga turut memproduksi kendaraan segala medan (ATV), generator listrik, mesin kelautan dan peralatan taman.

pendiri honda kargopedia

Awalnya Honda hanya fokus untuk memproduksi kendaraan sepeda motor. Hal tersebut dibuktikan dengan diluncurkannya sepeda motor pertamanya pada tahun 1949, yakni Honda D-Type. Sepeda motor ini terbuat dari rangka baja yang dilengkapi dengan suspensi pada bagian roda depan dan roda belakang. Mesin motor ini berkubikasi 98cc dan mempunyai kecepatan maksimal 50 mil per jam.

Kemudian pada 1954, Honda meluncurkan motor skuter yang sangat populer di masanya, yaitu Juno K-Type. Skuter ini hadir untuk mampu bersaing dengan Fuji Rabbit dan Mitsubishi Silver Pigeon yang sudah mapan. Tampilan awal skutik ini dilengkapi dengan kaca depan tilt-back dan lampu sinyal built ini, dan juga memperkenalkan konstruksi bodi plastik Fiber-Reinforced ke Jepang.

Setelah memproduksi beragam jenis sepeda motor, Honda untuk pertama kali mengekspor motor buatannya ke Amerika Serikat (AS) pada 11 Juni 1959, sekaligus membuka pabrik di Los Angles dengan jumlah karyawan pertamanya hanya enam orang.

Honda mulai memasuki industri mobil setelah Perang Dunia II, setelah pesaingnya Toyota dan Nissan sudah terlebih dahulu memulainya. Honda memulai debutnya dalam industri mobil dengan membuat Honda Civic Hatchback, sebuah mobil yang pada saat itu terkenal dengan penggunaan bahan bakarnya yang irit serta kadar racun gas buangnya yang sangat sedikit tanpa adanya Catalic Converter pada knalpotnya.

Lewat Civic, Honda memperkenalkan teknologi pertamanya sebagai kelengkapan opsional, yang kemudian dijadikan sebagai kelengkapan standar untuk produk mobil Honda sampai saat ini. Beberapa teknologi tersebut diantaranya rem anti terkunci, power steering sensitif kecepatan, dan injeksi bahan bakar multi-port.

Kemudian Honda Civic dan Accord juga dijadikan acuan untuk memproduksi mobil-mobil Honda lainnya. Kedua mobil ini merupakan produk yang bertahan lama, yang selalu menggunakan penggerak roda depan. Hal tersebut kemudian dijadikan sebagai tradisi Honda untuk menggunakan penggerak roda depan di produk-produk mobil selanjutnya.

Civic merupakan salah satu mobil kompak yang dikembangkan dan diproduksi oleh Honda pada tahun 1972 di Amerika Utara dan dinobatkan sebagai mobil Jepang tertua kedua setelah Toyota Corolla yang diperkenalkan pada 1968. Civic bersama dengan Accord dan Prelude adalah produk mobil Honda yang dipasarkan di Amerika Utara sampai tahun 1990. Hingga saat ini jajaran produk mobil Honda di pasar Global terdiri dari Civic, Jazz, Accord, Insight, CR-V, CR-Z, Freed Legend dan 2 versi Odyssey.

MOBIL PERTAMA HONDA

Kehadiran Honda di Indonesia

Honda pertama kali hadir di Tanah Air pada tahun 1960, dan langsung mengambil alih pasar otomotif Indonesia yang saat itu didominasi oleh Eropa dan Amerika. Tanpa banyak membuang waktu, pada 1963, Honda langsung meluncurkan mobil pertamanya di Indonesia yakni Honda T360 untuk menggeser mobil-mobil Eropa dan Amerika.

Pada 1972, Honda meluncurkan mobil keduanya yakni Honda Civic sebagai coupe 2 pintu yang kemudian diikuti dengan versi hatchback 3 pintu pada tahun yang sama. Memasuki tahun 1994, berdiri PT Honda Prospect Motor (HPM) yang menjadi Agen Tunggal Pemegang Merek (APTM) Honda di pasar Indoensia. HPM merupakan perusahaan kerja sama antara Honda Motor, Co. Ltd., dengan PT Prospect Motor.

mobil honda kargopedia

Pada 2003, Honda mulai menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksi mobil dengan mendirikan pabrik pertamanya di Karawang, Jawa Barat. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi mencapai 80 ribu unit per tahun. Bersamaan dengan itu, Honda juga meluncurkan Honda Jazz yang merupakan hatchback 5 pintu.

Pada 2011, Honda kembali meluncurkan produk barunya yang kali ini hadir dari segmen Low Cost Green Car (LCGC), yakni Honda Brio Satya. Meningkatnya brand dan permintaan pasar Honda melalui produk-produk barunya, membuat HPM mendirikan pabrik keduanya pada 2012 dan pembangunan tersebut rampung pada 2014, dengan kapasitas produksi per tahun mencapai 120 ribu unit. Dengan demikian, kedua pabrik HPM tersebut mampu memproduksi kendaraan hingga 200 ribu unit per tahun.

Mencoba melebarkan sayap di beberapa segmen kendaraan roda empat di Indonesia, pada 2013, Honda meluncurkan sebuah MPV mini dengan konsep Honda’s Global Small Platform yang dinamakan Honda Mobilio.

Beberapa produk HPM yang sudah mengaspal di Indonesia antara lain, Honda Brio, Honda Mobilio, Honda BR-V, Honda Jazz, Honda H-RV, dan Honda CR-V.

Sumber Tagar.id

honda civic kargopedia

Daftar sebagai mitra driver Kargopedia disini

Download aplikasi Kargopedia di Playstore

Download aplikasi Kargopedia di AppStore

Link Penting

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia