Logo Kargopedia Baru

SEJARAH FARGO TRUCKS

Apa kabar sobat Kargopedia? Kali ini kita akan membahas sejarah Fargo Trucks salah satu truk pabrikan asal Chicago, Amerika. Logo Fargo Over The Globe mencerminkan fakta bahwa kendaraan itu dibangun sebagai model ekspor untuk dikirim ke seluruh dunia. Teori yang paling umum tentang di mana Fargo mendapatkan namanya dikaitkan dengan Mr Joseph Field yang adalah Presiden Desoto dan Wakil Presiden divisi penjualan Chrysler yang memulai karirnya di industri otomotif dengan menjual mesin pertanian di Fargo utara Dakota. nama Fargo dibuat terkenal di amerika serikat tepat setelah emas ditemukan pada awal tahun 1848, di pabrik sutter dekat Coloma California, orang-orang dari seluruh dunia berbondong-bondong ke California untuk mencari ketenaran dan kekayaan, di antara mereka adalah Henry Wells dari Vermont dan orang baru William G Fargo yang kemudian menciptakan kerajaan Wells Fargo. Banyak orang berpikir nama Fargo Truk berasal dari sini, tetapi nyatanya tidak begitu. Meskipun nama terkenal itu membangkitkan nostalgia petualangan barat lama dan transportasi yang andal untuk membantu pemasaran, teori lain adalah kata Fargo itu adalah sebuah permainan kata-kata yang diartikan ‘pergi jauh’. Teori paling umum tentang di mana Fargo mengambil namanya dikaitkan dengan Mr joseph Field yang merupakan Presiden desoto dan Wakil Presiden divisi penjualan Chrysler yang pada saat memulai karirnya di industri otomotif ia menjual mesin pertanian di Fargo utara Dakota. Terlepas dari nama Fargo berasal darimana, Fargo Motor Car Company Of Chicago dibentuk pada tahun 1913 dan menjual rangkaian Fargo truk hingga tahun 1922. Ketika ditutup karena kesulitan keuangan, sangat sedikit yang diketahui tentang perusahaan ini.

5267ca627e852970fe14b4f7da99a674

Pada tahun 1928, nama Fargo muncul kembali sebagai jajaran truk dalam organisasi Chrysler. Chrysler membeli dan membangun kembali Fargo Motor Car Company untuk memproduksi dan menjual truk komersial terutama untuk pasar ekspor. Fargo truk tersedia sebagai versi setengah ton kecil yang dinamai ’The Packet’ dibangun di atas sasis plymouth dan ditenagai oleh mesin empat silinder seri AQ seperti yang digunakan di plymouth G, namun sejak bulan Maret 1929 ‘The Packet’ menggunakan mesin desoto enam silinder. Truk Fargo kedua yang tersedia awalnya adalah versi tiga perempat ton yang disebut ‘The Clipper’, yang ditenagai oleh mesin chrysler 65. Pada bulan Juni 1929 versi satu ton yang disebut ‘The Freighter’ juga dirilis dan juga didukung oleh mesin 6 silinder desoto dengan begitu banyak tanda yang tersedia dalam jangkauan mereka sendiri. Fargo cenderung dibuat lebih bagus dari apa pun yang tersedia dari kendaraan lain di bengkel Chrysler, termasuk plymouth desoto dan bahkan chrysler sendiri menyediakan mekanik dan lembaran logam khusus. Fargo berkembang menjadi berbagai macam kendaraan termasuk truk pengangkut barang berat, kendaraan ekspres ringan, kendaraan pengiriman dan semi-traktor, sayangnya Fargo telah gagal sejak awal, Chrysler juga ternyata sedang berusaha untuk membeli perusahaan Dodge Brothers dan sudah mencapai kesepakatan disaat yang bersamaan ketika Truk Fargo dirilis. Hal ini menciptakan kesulitan tidak hanya berurusan dengan pesaing eksternal tetapi malah menciptakan pesaing internal di dalam organisasi mereka sendiri.

chrysler american automobile manufacturer headquartered auburn hills michigan owned holding company fiat 83623716

Sekarang mereka memiliki  tiga jajaran truk. Fargo truk dan Dodge Brothers truk untuk truk ringan, Grand Brother truk untuk truk menengah dan berat yang telah dibuat secara eksklusif dan dipasarkan oleh Dodge Brothers sejak tahun 1921. Chrysler memindahkan Grand Brothers Marquis dan memberikan preferensinya pada nama Dodge Brothers yang lebih dikenali dan dihormati. Semua truk Grand Brothers segera diberi lencana ulang sebagai Dodge dan dijual bersama dengan truk Fargo. Berbagai truk Fargo untuk sebagian besar negara lain dibuat di Amerika Serikat dari tahun 1933 hingga 1935. 3500 Truk Fargo ukuran1,5 ton dibuat di Detroit untuk ekspor, Truk fargo yang di ekspor dengan nomor seri khusus yang tersedia dalam bentuk satu setengah ton hanya dimulai pada tahun 1933, membuatnya lebih mudah untuk dilacak. Setelah periode angka penjualan yang rendah, produksi truk Fargo berhenti pada akhir tahun 1930 setelah hanya memproduksi 7.000 kendaraan. sejak diperkenalkan pada tahun 1928, Fargo Motor Car Company telah menjalankan bisnis hanya selama dua tahun. Dari tahun 1938 hingga 1972 truk Fargo dibangun dan dipasarkan kembali di Kanada, dan selama bertahun-tahun itu secara bertahap penjualan terus menyusut. Mereka memilih pasar kanada untuk nama dagang Fargo truk untuk menghindari bea masuk yang tinggi. Karena bea masuk antara negara-negara persemakmuran jauh lebih sedikit daripada dari negara-negara lain seperti Amerika Serikat. sehingga kemudian banyak perusahaan besar Amerika membangun pabrik mereka di perbatasan di Kanada yang memungkinkan mereka untuk menguangkan keuntungan finansial ini.

Screenshot 1
dodge 1
d359537a4f4c29f93b015bbeb754a74d

Divisi mobil Chrysler telah pindah ke Australia selama tahun 1920-an. Dan kepindahan ini diresmikan dengan dibukanya 18 agen distribusi independen membentuk distributor Chrysler Dodge Desoto Grup. Chrysler menggunakan kekuatan gabungannya untuk membeli dan memasarkan kendaraan Plymouth, Dodge, Fargo dan Desoto. Tj Richards Of Adelaide merancang dan memasang bodi untuk kendaraan Chrysler buatan lokal, Tobias John Richards telah memulai bisnis dengan membangun gerobak yang ditarik kuda pada tahun 1885. Sons Clarence and Herbert bergabung dengannya pada tahun 1915 dan nama bisnisnya menjadi Tj Richards and Sons. Tj Richards telah menjadi pesaing utama Holden’s Bodybuilders sejak tahun 1922 dan pada musim penjualan 1937-38 mengalahkan Holden’s Bodybuilders dengan pukulan telak karena mampu memproduksi body sedan all-steel pertama di Australia. Grup Chrysler memperoleh saham pengendali di Tj richards pada tahun 1937. Selama perang dunia II grup yang sekarang disebut Richards Industries memproduksi komponen pesawat dan amunisi dan tidak kembali ke produksi mobil sampai akhir perang pada tahun 1945. Bisnis tetap dimiliki Australia sampai tahun 1951 ketika perusahaan Chrysler membeli kepentingan pengendali dan menamainya Chrysler Australia. Struktur organisasi berubah sebagai fokus Chrysler untuk menjual lebih banyak daripada Holden dengan memproduksi berbagai mobil dan kendaraan komersial ringan dengan 90 konten local. Sementara rencana ambisius ini sedang dilaksanakan Chrysler dengan melanjutkan perakitan berbagai 6 silinder Kendaraan Royal dan Dodge phoenix 8 silinder.

fargo truck detail kargopedia

Truk Fargo dan Desoto terus diproduksi di banyak bagian dunia, sebagian besar truk Fargo dan sasis bus dijual di Australia, India dan negara-negara lain di Eropa dan Asia. Dua merk ini dibuat di Chrysler’s New UK Plan. Sebagian besar juga dijual dengan nama Dodge Commer atau Desoto Fargos Australia. Dibangun di atas sasis truk Dodge dan drivetrain dengan sasis, drivetrain dikirim dari Kanada dalam peti. Drivetrain itu berbeda antara model UK dan Kanada tetapi pada dasarnya adalah itu Fargo yang sama. Setelah tiba di Australia dalam kondisi belum terakit sepenuhnya, semua akan dirakit dan dipasang kembali di Australia oleh Tj Richards dan inisial TJR akan dicap pada salah satu panel utama Fargo. Pelat id juga harus mengidentifikasinya sebagai model rakitan Australia dengan mendaftarkan kabin sebagai TJR cab, ada juga persyaratan pemerintah bahwa persentase yang tinggi dari buatan lokal harus masuk ke kendaraan tersebut. Tj Richards memenuhi persyaratan yang menggunakan layanan dari seluruh jajaran bisnis australia selatan pada tahun 1978, ketika Chrysler menarik diri dari kemitraan meninggalkan Tj Richards dengan hak atas nama Fargo dan merek kode Fargo. Tj Richards terus menggunakan nama Fargo dan Desoto meskipun perusahaan tidak memiliki hubungan teknis atau korporat dengan Chrysler yang akhirnya gulung tikar pada tahun 2015.

iklan fargo truk kargopedia
DeSoto R 1951

Itulah sejarah singkat dari Fargo trucks asal Chicago, Amerika. Jika sobat menyukai artikel tentang truk ataupun sejarah truk lainnya, sobat bisa mendapatkan informasi lainnya disini.

 

Bergabung menjadi Mitra Driver Kargopedia disini

Bergabung menjadi Mitra Kantor Perwakilan Kargopedia disini

Download Aplikasi Kargopedia di Playstore dan AppStore

Link Penting

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia