Logo Kargopedia Baru

Sejarah Nissan, Dari Beli Datsun Hingga Rangkul Mitsubishi

Nissan merupakan salah satu perusahaan manufaktur otomotif terbaik di dunia. Sejarah besar Nissan dimulai saat pendiriannya oleh Kwaishinsa pada 1911. Di awal pendiriannya perusahaan ini dikenal dengan nama Kwaishinsa Motor Car Works.

Hingga akhirnya pada tahun 1913, Kwaishinsa berhasil membuat mobil pertamanya dan diberi nama model DAT. Menurut catatan sejarah Nissan, DAT juga merupakan cikal bakal kemunculan perusahaan Datsun sebagai produsen mobil di samping truk sebagai produksi utama mereka.

Nama Kwaishinsa sendiri mulai diubah menjadi Nissan pada tahun 1934. Perubahan ini dilakukan karena Yoshisuke Aikawa sebagai pemilik perusahaan induk Nihon Sangyo yang membeli lini produksi mobil kecil DAT Motor. Nah, Nihon Sangyo merupakan kepanjang dari Nissan.

Di bawah naungan Nissan, Datsun menghasilkan mobil-mobil bersejarah. Seperti misalnya yang muncul di sejarah Nissan adalah Datsun 14 yang dikenal sebagai mobil pertama yang diekspor. Kemudian pada 1955 muncul mobil berpenumpang pertama yakni Datsun 110.

livina kargopedia

Sejarah Nissan Masuk ke Indonesia

Mobil produksi Nissan pun mulai masuk ke pasar otomotif Indonesia pada era 60-an ketika mereka melakukan ekspansi juga ke seluruh Asia dan benua Amerika. Namun saat itu justru bukan nama Nissan yang dibawa melainkan Datsun. Pada saat itu jumlah mobil yang diproduksi mereka untuk pasar Tanah Air hanya sekitar 750 unit saja dan distribusi dilakukan oleh PT Indokarya selaku Agen Tunggal.

Namun kemudian PT Indokarya tidak hanya berperan dalam distribusi saja. Pada 1974 mereka pun memutuskan untuk memproduksi Datsun sendiri dengan kandungan 75% bahan-bahan lokal atas anjuran pemerintah. Hingga pada 1981, agen tunggal Nissan berpindah tangan ke Wahana Wirawan dimana mereka mulai memproduksi mobil jeep dan taksi. Selang lima tahun mereka pun membentuk perusahaan distribusi Nayaka Wirawan sebelum akhirnya dibeli oleh perusahaan Indomobil Group dan mulai tahun 1989 Indocitra Buana menjadi perusahaan distribusinya.

Di era 80-an ini menyisakan unit model Datsun 620 sebagai mobil pick-up yang terkenal di Indonesia. Datsun 620 cukup populer saat itu disamping mobil Datsun lainnya seperti Datsun Sunny, Datsun Bluebird 510, Datsun 180SX dan tentu saja Datsun 280Z.

Di era 90-an Nissan mulai memasarkan mobil dengna jenis sedan di kota-kota besar Indonesia. Dengan begitu, identitas Nissan sebagai manufaktur otomotif terbesar semakin kokoh di Indonesia.

datsun kargopedia

Membentuk Aliansi Bersama Renault dan Mitsubishi

Kini Nissan adalah produsen mobil terbesar ke enam dunia di belakang Toyota, General Motors, Volkswagen AG, Hyundai Motor Group, dan Ford pada tahun 2010. Terhitung sejak tahun 1999, Nissan membentuk aliansi dengan Renault S.A. dari Perancis, dengan Renault memegang 43,4% saham Nissan sedangkan Nissan memegang 15% saham Renault pada tahun 2008. Bersama dengan jajaran produk biasanya, Nissan juga memasarkan merek mobil mewah yang dinamakan Infiniti.

Tak cukup sampai di situ saja, sejak tiga tahun yang lalu atau sekitar tahun 2016 Nissan memperbesar aliansinya dengan menggaet Mitsubishi.

xtrail kargopedia

Daftar menjadi mitra driver Kargopedia disini

Download aplikasi Kargopedia di Playstore

Download aplikasi Kargopedia di AppStore

Sumber Carmudi.co.id

Ojek Online Menjadi Pergeseran Budaya Transportasi Publik

Ojek Online Menjadi Pergeseran Budaya Transportasi Publik

Uncategorized @id

Ojek online di indonesia saat ini sudah menjadi salah satu  kebutuhan  bagi masyarakat kita pada umumnya, Terutama di kota -

Read More
BISNIS TRANSPORTASI ONLINE

BISNIS TRANSPORTASI ONLINE

Uncategorized @id

Pengertian transportasi OnlineKata transportation diartikan oleh Black Law Dictionary sebagai the removal of goods or persons from one place to

Read More
Tips Memilih Jasa Sewa Truk Fuso

Tips Memilih Jasa Sewa Truk Fuso

Ekspedisi Murah, Sewa Truk

      Memilih jasa sewa truk membutuhkan sejumlah pertimbangan, semisal fasilitas hingga asuransi. Setiap pertimbangan tersebut akan melindungi Anda

Read More

Link Penting

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia