Logo Kargopedia Baru

SEJARAH TRUK TOYOTA DYNA DI INDONESIA

Sobat Kargopedia pasti tahu atau pernah mendengar tentang truk Toyota Dyna, Salah satu truk asal Jepang yang cukup populer di Indonesia. Kapan truk ini di launching? kapan truk ini masuk ke Indonesia? Apa saja model dari truk ini sejak awal di launching hingga sekarang? Di artikel kali ini kita akan membahas tentang sejarah truk Toyata Dyna di Indonesia dari masa ke masa.

Peran kendaraan-kendaraan komersial sangat terikat dalam membantu roda perekonomian bangsa, truk selalu menjadi angkutan krusial yang diandalkan dalam proses mobilisasi komoditas dari suatu daerah ke daerah lain. Begitupun Toyota Dyna yang sudah mengabdi di Indonesia sejak era 1970-an. Toyata dyna adalah kendaraan komersial atau truk ringan yang usianya hampir setengah abad dan di produksi oleh Toyota.

PT Toyota Astra Motor atau biasa disingkat dengan TAM merupakan agen pemegang merk (APM) mobil Toyota di Indonesia. Toyota pertama kali memproduksi dan memasarkan Dyna pada tahun 1975, saat itu Toyota melihat akan besarnya kebutuhan kendaraan komersial untuk membantu pergerakan perekonomian nasional. Seperti yang kita ketahui, Indonesia saat itu baru saja bangkit dari krisis politik yang melanda sejak tahun 1965. Toyota dyna pertama yang di produksi di Indonesia bernama Dyna BU, sebutan BU adalah merupakan kode sasis yang dimiliki oleh Dyna generasi pertama. Kabin Dyna berbetuk COE (Cab Over engine) dimana tempat duduk pengemudi berada di atas mesin dan roda depan. Dyna tersedia dengan sasis pendek dan sasis panjang dengan 4 roda dan 6 roda. Model Truk Dyna menjadi salah satu bukti atas eksistensi Toyota dalam menyediakan beragam pilihan kendaraan sesuai kebutuhan konsumen Tanah Air. Mengingat saat itu Pemerintah Indonesia sedang giat melaksanakan program REPELITA II (Rencana Pembangunan Lima Tahun) maka permintaan akan kendaraan komersial pun begitu tinggi. Toyota lantas memproduksi Dyna dalam jumlah yang cukup masif Kokohnya Dyna, termasuk generasi lamanya masih dinikmati hingga saat ini.

toyota dyna 1975

Sukses di era 1970-an membuat Toyota semakin serius untuk berinovasi dengan model Dyna. Serangkaian perubahan dilakukan pada model truk ini, dan pada tahun 1982 Dyna melakukan perombakan yang signifikan. Bukan hanya peningkatan spesifikasi, Toyota pun meberikan pilihan tipe kepada konsumen sesuai pekerjaan spesifik yang harus dihadapinya. Saat itu ditawarkan Dyna dalam pilihan sasis pendek dan sasis panjang dengan 4 roda dan 6 roda yang namanya di kenal dengan Dyna Rino. Untuk Toyota Dyna 4 ban difungsikan sebagai truk pengangkut barang di perkotaan atau jalan-jalan desa yang sempit.Meski demikian, truk ini memiliki daya tahan yang sangat memadai. Sementara untuk varian 6 roda lebih ditujukan untuk para pengusaha yang membutuhkan kendaraan pengangkut untuk pekerjaan ekstra berat dengan kemampuan menaklukkan medan ekstrim. Bergerak ke tahun 1989, Toyota kembali melakukan perombakan pada dyna dengan menggukan suspensi baru berjenis Leaf Spring dan Final Gear yang lebih sesuai untuk kebutuhan di jalan datar. Inovasi ini ditandai dengan munculnya varian Toyota dyna Medium Duty (MD) dengan model 6 ban.

truk toyota dyna 1982 kargopedia
toyota dyna 1989 kargopedia

Pada bulan agustus tahun 2002, perubahan besar-besaran kembali dilakukan Toyota pada truk andalannya Dyna. Full Model Change kedua ini mengalami pengembangan teknologi dan pembaruan yang didasarkan pada hasil survey demi mengetahui kebutuhan dan keinginan konsumen pengguna kendaraan niaga. Ditandai dengan munculnya pilihan mesin baru berkapasitas 4.000 cc. Variannya pun menjadi 115 PS ST (Small Truck) 4 ban, 115 PS ET (Economic Truck) 6 ban, 125 PS LT (Light and Fast Truck) 6 ban, 125 PS HT (Heavy Duty Truck) 6 ban, dan 140 PS GT (Gigantic and Fast Truck) 6 ban.

Seiring berjalannya waktu, penjualan Dyna model terbaru tumbuh secara konsisten. Tercatat, setiap tahunnya penjualan Dyna tumbuh 4% dan berhasil menjadi pesaing tangguh yang semakin diperhitungkan. Kejelian PT Toyota Astra Motor (TAM) dalam mengakomodasi kebutuhan pelanggan yang didominasi oleh para pelanggan yang bergerak dalam sektor perkebunan dan pertambangan membuat Dyna semakin mendapat kepercayaan.

Lima tahun berselang yakni di bulan Februari 2007, Varian Toyota Dyna pun bertambah lagi. Pabrikan nomor satu di Indonesia ini kembali memperkuat dinasti Dyna dengan meluncurkan empat tipe anyar yaitu 130 HT, 130 LT, 110 ET, dan 110 ST. Secara fisik, Dyna versi 2007 ini tampil dengan tampilan yang lebih segar. Hal ini bisa terlihat pada sisi bumper, gril, emblem, belt line, serta dilengkapi juga dengan jok model reclining. Dan yang paling hebat dari keempat model baru ini adalah, semuanya diberi modal serangkaian evolusi yang semakin memudahkan pengemudi truk dalam bekerja. Mesin W04D-TN (130 PS) dan W04D-TM (110 PS) hadir dengan tenaga lebih besar serta Turbo Intercooler. Mesin canggih ini pun sudah mengantungi EURO2 sehingga lebih ramah lingkungan.

Screenshot 1 3
m f history 1

Satu hal yang sangat patut untuk dicatat, Dyna versi 2007 dirancang atas masukan dari PT Toyota Astra Motor (TAM) dan versi ini eksklusif hanya tersedia di pasar Indonesia. Terdapat perbedaan bentuk dan dimensi jika dibandingkan dengan Dyna di belahan dunia lain. Hal ini dikarenakan Toyota sebelumnya sudah sangat memperhatikan kondisi jalanan dan karakter pengemudi Indonesia yang unik, membuat Dyna versi Indonesia harus disiapkan secara khusus.

Pada tahun 2009, perjalanan panjang Toyota Dyna di Indonesia pun kembali berlanjut ketika truk ini mengalami Big Minor Change. Menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen, Dyna kembali memperluas varian line up yang dimilikinya dengan menghadirkan lima model baru untuk Dyna 6 ban. Kelima model baru itu terdiri dari 130 PS XT, 130 PS HT, 110 PS FT, 110 PS ET, serta satu varian brand new yaitu Dyna Bus Chassis. Selain itu ada dua tambahan varian baru untuk Dyna 4 ban yaitu 110 PS ST dan 110 PS ST Bus Chassis.

Sudah eksis di Indonesia sejak 46 tahun lalu, tentunya membuat konsumen dari Toyota Dyna tak terhitung banyaknya. Bisa jadi sobat Kargopedia juga salah satu dari jutaan pengusaha di Indonesia yang untuk kebutuhan mendistribusikan barang sehari-hari dengan armada truk di perusahaan sobat memanfaatkan Toyata Dyna.

Khusus untuk pasar Jepang, Toyota juga menjual saudara kembar Dyna yang bernama Toyoace. Pada versi lama, Toyata Dyna mempunyai saudara kembar dari Daihatsu  yaitu Daihatsu Delta. Dan kini, Toyota Dyna mempunyai saudara kembar dari Hino yaitu Hino Dutro.

logo truk toyota dyna kargopedia

Nah sobat Kargopedia, itu tadi sejarah panjang truk Toyota Dyna di Indonesia dari masa ke masa. Jika sobat meyukai artikel tentang truk, sobat bisa mendapatkan informasi lainnya disini. Dan bahkan jika sobat memiliki armada truk dan ingin mencari muatan serta penghasilan lebih, Sobat bisa bergabung menjadi Mitra Driver Kargopedia. Download aplikasi Kargopedia di PlayStore atau AppStore dan daftar sebagai Mitra Driver.

Link Penting

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia