Logo Kargopedia Baru

Tips Aman Bekendara, Hati-Hati Dijalan, Selamat Sampai Tujuan Guys !!!

Kecelakaan masih menjadi salah satu bencana yang tak pernah surut di Indonesia. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), hingga tahun 2019 silam telah terjadi kecelakaan dengan total jumlah 116.411 kasus.

Dikutip dari website UGM, Iwan Puja Riyadi, S.T., seorang Peneliti Pusat Studi Transportasi dan Logistik (PUSTRAL) UGM, mengatakan jika terdapat empat faktor yang menjadi penyebab kecelakaan di jalan bebas hambatan, yaitu faktor pengemudi, faktor kendaraan, faktor lingkungan jalan, dan faktor cuaca.

“Kecelakaan yang terjadi pada umumnya tidak hanya disebabkan oleh satu faktor saja, melainkan hasil interaksi antarfaktor,” jelasnya.

kecelakaan ilustrasi

Namun sayangnya, hingga saat ini masih ada beberapa orang yang kurang memperhatikan aturan-aturan dalam berkendara. Berikut ini beberapa tips yang bisa digunakan agar Anda dapat berkendara dengan aman :

Pastikan Kondisi Tubuh dalam keadaan Fit

Sebelum berkendara pastikan jika kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan segar. Artinya, tubuh tidak sedang lelah dan cukup istirahat. Selain itu, kondisi emosional yang stabil juga perlu untuk diperhatikan. Karena ketika kondisi emosional si Pengendara sedang tidak stabil maka akan mengganggu konsentrasi dalam perjalanan dan menjadi tidak fokus.

Periksa Kondisi Kendaraan

Tak kalah penting. Apapun jenis kendaraan yang digunakan, sebagai pengendara Anda juga perlu mengecek masing-masing komponen kendaraan, seperti kondisi rem, spion, lampu, dan lain-lain.

cek mobil sebelum perjalanan 300x192 1

Gunakan Sabuk Pengaman

Ketika berpergian menggunakan mobil, penumpang harus memastikan bahwa sabuk pengaman telah terpasang dengan baik dan benar. Penggunaan sabuk pengaman sangat dianjurkan untuk dipakai di semua posisi tempat duduk, bukan hanya kursi bagian depan saja.

Patuhi Aturan Lalu Lintas

sejumlah petugas kepolisian satuan lalu lintas polres gorontalo menggelar 160216130457 438

Selama mengemudi hindari penggunaan handphone karena dapat mengganggu konsentrasi. Selain itu, pengendara juga harus mengikuti rambu-rambu lalu lintas dengan baik.

Istirahat Jika Lelah

Fokus menjadi kunci utama dalam mengemudi. Ketika dalam perjalanan tubuh merasa kurang fit, maka sebaiknya hentikan kendaraan dan istirahatlah beberapa menit. Istrahat sangat diperlukan bagi pengendara tertutama bagi  yang menempuh perjalanan yang jauh, untuk mengumpulkan kembali energi dan fokus.

1621243411 shutterstock 1362864983jpg

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan. Semoga tips di atas dapat menjadi pengingat bagi Anda terkait berkendara yang aman dan nyaman. Safety first guys!

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia