Logo Kargopedia Baru

Truk Pada Perang Dunia I

Hallo sobat Kargopedia, kali ini kita akan membahas tentang Truk yang digunakan pada perang dunia I. Untuk lebih lengkapnya, simak artikel berikut ini :

Tepat satu bulan dari hari Archduke Franz Ferdinand dibunuh di Bosnia, perang dunia pertama dimulai pada 28 Juli 1914 sebagai perang global besar yang pada saat itu digambarkan sebagai apa yang disebut perang untuk mengakhiri semua. Perang dunia menyebabkan mobilisasi lebih dari 70 juta personel militer menjadikannya salah satu perang terbesar dalam sejarah, sayangnya perang dunia satu juga menandai salah satu konflik paling mematikan yang pernah ada dengan perkiraan 9 juta kematian kombatan militer dan sekitar 13 juta kematian warga sipil. Berlangsungnya perang sementara mengakibatkan genosida dalam pandemi influenza di mana 17 hingga 100 juta lebih banyak kematian di seluruh dunia, Woodrow Wilson yang menjadi Presiden Amerika saat itu berusaha untuk menjauhkan Amerika dari perang dunia yang ditakuti.

Akhirnya setelah hampir tiga tahun serangan dan tenggelamnya beberapa kapal Amerika, pada tanggal 6 april 1917 Amerika resmi memasuki perang dunia pertama. Walaupun Amerika sudah banyak memasok bahan perang kepada sekutu, pasukan amerika yang terlatih tidak langsung tiba di garis depan pertempuran sampai pertengahan tahun 1918. Truk sebagai salah satu armada pengangkut pasukan juga lepas landas menuju bagian akhir perang. Keberadaan truk ini dimulai dengan model militer standar resmi pertama truk Liberty kelas b. Truk Liberty dirancang dan dikembangkan oleh sektor transportasi motor dari korps quartermaster dengan bantuan dari SOC yaitu insinyur otomotif pada tahun 1917, mengikuti dua prototipe pertama yang sukses hanya 69 hari setelah pengembangan aslinya, desain diselesaikan pada pertengahan tahun 1917 dan mulai diproduksi pada bulan Januari tahun 1918. Suku cadang diproduksi oleh 150 pabrikan yang berbeda, mesin dibuat sebagai kolaborasi dari lima perusahaan yaitu Buda Engine co, Hercules, Continental, Waukesha dan Wisconsin. Kontrak perakitan diberikan kepada 15 perusahaan terpilih yang membangun sekitar sepuluh ribu truk semuanya secara bersama-sama. Truk Claspy Liberty sedang dibangun di seluruh negeri oleh perusahaan seperti Graham Bernstein, Bethlehem, Brockway, Diamond T, Indiana, Packard, Pierce Arrow, Republic, Sterling dan beberapa orang lain yang semuanya datang bersama-sama dalam upaya membuat truk yang dibangun untuk membantu standarisasi katalog suku cadang dan memanfaatkan teknologi truk.

liberty truck B class kargopedia

Tugas berat namun terbaik yang ada pada saat itu adalah membuat truk dengan sisi yang lebih ringan, model truk yang lebih kecil lalu dikenal sebagai Dodge m1918. Truk perbaikan ringan yang merupakan truk pickup kabin baja terbuka kecil yang digunakan membawa peralatan untuk truk yang membutuhkan perbaikan darurat meskipun modelnya dipasang pada sasis mobil komersial Dodge. Truk Dodge ini dibangun oleh perusahaan bernama Ensley Manufacturing dan berisi banyak peti khusus dan kompartemen lain yang dibuat untuk membawa persediaan untuk menghindari terjadinya hanya satu produsen mobil Amerika yang membuat bahan dan model truk untuk perang dunia satu. Ford juga membantu selama ini dalam desain salah satu truk tank pertama yang dikembangkan oleh Amerika Serikat, tank dengan berat tiga ton, berpenumpaang dua orang, dengan satu senjata yang dinamai M1918. Tank ini dibangun berbasis renault ft dan dilengkapi dengan mesin yang sama persis seperti yang terlihat pada model truk Ford yang terkenal meskipun pada awalnya Ford mengambil sudut pandang isolasionis dan tidak melibatkan diri dengan apa yang mereka anggap sepenuhnya sebagai perang eropa, akhirnya Ford melanjutkan untuk memasok lebih dari 15.000 varian kendaraan militer model T bergerak dari pertengahan 1917 ke depan. Tentara Amerika Serikat juga memesan sekitar 15.000 truk model B tiga ton yang dibuat oleh sebuah perusahaan bernama Four-Whells Drive Auto yang memproduksi beberapa model militer penggerak empat roda pertama yang berhasil. Truk model B penggerak empat roda ini juga diproduksi di bawah lisensi oleh perusahaan-perusahaan termasuk yang Kissel Motor Car Company, Premier Motors dan Mitchell Motor Car Company.

dodge m1918 kargopedia
ford m1918 kargopedia
ford T model kargopedia

Selain truk penggerak empat roda model T dan B ini, desain penggerak empat roda lain yang dikenal karena daya tahannya, Jeffrey Quad atau dikenal juga sebagai Nash Quad diperkenalkan ke lini model militer rig andal yang kokoh. Truk ini dibangun oleh Jeffrey and Nash motors dan terkenal karena kemampuan mereka untuk menavigasi jalan yang kasar dan berfungsi sebagai kursus perang yang agak efektif selama perang dunia. Salah satu perusahaan terkenal White Motors Company asal Cleveland Ohio membangun mobil lapis baja yang disebut The White Number One 4×2 pada tahun 1915 yang lalu diikuti The White Number Two 4×2 tahun berikutnya yaitu pada tahun 1916. Mobil lapis baja The White Number Two diadopsi oleh tentara Amerika dan marinir Amerika untuk membuat truk lapis baja yang kemudian digunakan dalam perang dunia satu dan akhirnya berkembang menjadi The White Model 1917 yang dikembangkan sebagian oleh pasukan ekspedisi amerika atau AEF. Model berikutnya yakni  The White AEF juga dirancang oleh angkatan yang menggunakan kendaraan pada tahun 1918 di front barat menjelang akhir perang dunia satu, digunakan bersamaan dengan mobil lapis baja lainnya yang disebut Davidson Cadillac. Mobil lapis baja ini juga digunakan secara sporadis sepanjang perang dunia pertama.

Perang dunia pertama akhirnya berakhir menyusul gencatan senjata di Armtis, dideklarasikan pada 11 November 1918 dan ini membuktikan titik penting dalam iklim politik budaya ekonomi dan sosial di seluruh dunia. Selain menggerakkan seluruh dunia ke depan dengan lebih banyak truk dan teknologi manufaktur, perang dunia satu juga memicu serangkaian perjanjian yang akan ditandatangani oleh Negara-negara termasuk empat besar yaitu Britania, Prancis Italia dan Amerika di konferensi perdamaian Paris 1919. Termasuk yang sangat baik, perjanjian Versailles yang terkenal yang secara resmi mengakhiri perang dan mempromosikan perdamaian antara Jerman dan kekuatan sekutu, meskipun kemenangan sekutu yang meyakinkan dan peluncuran liga bangsa-bangsa yang dimaksudkan untuk mencegah perang di masa depan. Perjanjian ini pasti tidak semuanya sesuai dengan tujuannya, Akhirnya tetap saja terjadi perang untuk mengakhiri semua deklarasi yang pernah dibuat dengan lebih banyak perang untuk diikuti. Termasuk perang dunia kedua yang dimulai beberapa tahun kemudian pada september 1939.

jeffrey chew truck practice painting kargopedia

Banyak pelajaran yang bisa dipelajari baik secara mekanis dan strategis selama perang dunia I ini dengan langkah besar yang dibuat pada truk dan manufaktur yang akhirnya memimpin untuk evolusi lebih banyak lagi merek dan model yang akan dibuat di masa depan. Jadi sobat Kargopedia, itulah bagaimana pentingnya truk sebagai salah satu armada pengangkut pasukan, amunisi, senjata dan lainnya selama perang dunia I. Jika sobat suka dengan artikel tentang truk, dapatkan informasi lainnya disini.

 

 

Sobat juga bisa bergabung menjadi Mitra Driver Kargopedia dengan mendownload aplikasi Kargopedia di PlayStore atau AppStore.

Link Penting

© Copyright 2021 All Rights Reserved by Kargopedia Indonesia